Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Cara Mudah Memancing Ikan di Laut Pakai Alat Nelayan Garmin Fishfinder

24 Januari 2023 - Kategori Blog

Halo sobat survey, terima kasih telah berkunjung di artikel Indosurta. Pada kali ini kita akan membahas alat dari garmin fishfinder. Mungkin sebagian orang belum mengetahui jelas dari alat ini.

Alat tersebut merupakan cara mudah memancing ikan di laut loh sobat survey. Ingin tau lebih lanjut? Silahkan dibaca hingga selesai ya.

 LIHAT JUGA : Pengertian dan Tujuan Survey Pemetaan – Calon Surveyor harus tahu!

Apa itu Garmin Fishfinder?

Garmin Fishfinder adalah sebuah alat yang mempermudah memancing ikan yang digunakan untuk mendeteksi objek yang ada di dasar laut dengan memanfaatkan teknologi gelombang suara / akustik.

Alat tersebut dapat kita manfaatkan dalam kegiatan memancing ikan dilaut, karena alat tersebut dapat memberikan informaasi mengenai posisi ikan yang ada di bawah kapal. Lalu bagaimana cara alat ini bekerja?

 

Cara Kerja Alat Garmin Fishfinder

Garmin Fishfinder bekerja dengan memanfaatkan teknologi gelombang suara / akustik yang di pancarkannya ke dasar laut.

Gelombang yang dipancarkan tersebut akan dipantulkan kembali ketika menganai objek atau benda yang ada dalam perairan. Pantulan gelombang suara tersebut akan diterima kembali oleh alat fishfinder.

Secara matematis, gelombang yang dipancarkan bekerja pada frekuensi tertentu sehingga akan didapatkan jarak antara alat ke objek yang memantulkan kembali gelombang akustik.

Jarak tersebut akan ditampilkan secara visual oleh alat sehingga kita dapat melihat dengan jelas gambaran objek yang ada di dalam perairan.

Di bawah ini merupakan tampilan visual dari Garmin Fishfinder. Dapat dilihat bahwa berbagai objek dapat terekam oleh Garmin Fishfinder.

Objek-objek tersebut diantaranya adalah dasar permukaan perairan, terumbu karang/rumput laut serta kawanan ikan.

Kita dapat mengidentifikasi objek berdasarkan lokasinya di dalam air. Objek yang paling bawah merupakan dasar perairan, sedangkan objek-objek yang diatasnya merupakan terumbu karang atau rumput laut. Sementara objek kecil yang melayang merupakan kawanan ikan.

Cara Mudah Memancing Ikan di Laut Pakai Alat Nelayan Garmin Fishfinder - tampilan layar Garmin Fishfinder dan Artinya

Arti Warna – Warna di Garmin Fishfinder

Di tampilan layar Garmin Fishfinder akan menampilkan warna – warna sebagai tanda benda di dasar laut.

Warna tersebut berupa merah, kuning dan biru. Setiap warna mempunyai arti loh sobat survey, berikut penjelasannya :

  • Merah : Menandakan objek berupa benda padat yang susah untuk di tembus oleh gelombang suara seperti dasar laut atau terumbu karang.
  • Kuning : Menandakan objek berupa benda yang tidak terlalu keras, sehingga sebagian gelombang akustik dapat diteruskan, sementara sebagian lainnya dipantulkan seperti ikan dan benda melayang lainnya
  • Biru : Menandakan benda yang dapat dengan mudah di tembus oleh gelombang suara seperti air.

Garmin fishfinder merupakan jawaban utama dari cara mudah memancing ikan di laut, karena alat ini dapat menampilkan jelas setiap pergerakan benda – benda yang ada di dasar laut secara langsung.

Maka dengan alat ini nelayan atau kalian yang hobi memancing ikan dilaut dapat terbantu untuk mengetahu posisi ikan.

 LIHAT JUGA : Kumpulan Brosur Alat Survey dan Pemetaan Topografi

Sampai sini kalian jadi paham kan tentang alat ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel Indosurta lainnya ya.

Sumber:

Alat Mancing Ikan, Alat Mancing Nelayan, Alat Nelayan, Alat Pancing Ikan, Alat Pancing Pelaut, Alat Pencari Ikan, Garmin Fishfinder, Nelayan Pencari Ikan, Teknologi Nelayan, Teknologi Pelaut, Teknologi Perkapalan

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!