Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Teknik Penyajian Data Kartografi dan Aplikasi membuat Peta

14 April 2021 - Kategori Blog

 BACA JUGA : Definisi dan Pengertian Peta Topografi Dasar Rupabumi

Menurut International Cartographic Asociation (ICA), kartografi didefinisikan sebagai “ Seni, Ilmu dan Teknik membuat peta” termasuk pengertian peta sebagai dokumen yang bersifat  ilmiah dan peta sebagai karya seni.

Pengertian peta itu sendiri meliputi segala macam bentuk penyajian data seperti : peta perencanaan, chart, diagram, grafik bentuk-bentuk 3 dimensi yang memperhitungkan bentuk bumi.

Dengan perkataan lain bidang  kartografi meliputi semua tahap dalam kompilasi, evaluasi, desain, menggambar, memberi warna dan mencetak dan juga mervisi peta-peta lama.

Kemajuan taknologi sangat berpengaruh pada perkembangan kartografi, lebih-lebih dengan bertambah banyaknya ilmu-ilmu lain ( selain ilmu teknik ) yang ingin menyajikan data-data dalam bentuk peta.

Dengan demikian penyajian dalam bentuk grafik, prosesing data-data dengan alat otomatis, generalisasi, evaluasi data dari foto udara, teknik penyajian lewat data-data remote sensing dan satelit, cara-cara reproduksi modern merupakan ruang lingkup pekerjaan kartografi.

Terlebih lagi dalam abad pembangunan ini dimana data-data merupakan salah satu informasi untuk perencanaan, maka jelas bidang kartografi merupakan salah satu komponen yang sangat penting.

Teknik Penyajian Data

Secara  garis besar  data dapat disajikan secara konvensional (manual) dan dijital (komputer),  pada masa sekarang ini sudah  jarang sekali data yang disajikan cara konvensinal karena permintaan dari pengguna/pemakai terlebih pada masa sekarang  ini pengolahan dengan komputer  efisien dan mudah melakukan editing bila peta yang disajikan terjadi perubahan. Pada materi ini tidak dijelaskan langkah penyajian data secara konvensional melain hanya penyajian data secara digital dengan menggunakan software.

Banyak sekali software yang dapat digunakan untuk menyajikan data hasil survey (pengukuran polygon, sipat datar dan situasi) dalam hal ini akan dipakai software Microsft EXCEL, SURFER dan AUTOCAD).

 

Pengenalan Software

A. Microsoft Excel

Microsoft EXCEL ini software pengolahan data cara pengoperasiannya cukup mudah sama seperti halnya kalkulator yang biasa kita pakai hanya dalam pengoperasian menggunakan baris dan kolom untuk operasional data tersebut.

Contoh Hitungan Situasi di Aplikasi Microsoft Excel - Teknik Penyajian Data Kartografi dan Aplikasinya

Gambar 1: Contoh Hitungan Situasi di Aplikasi Microsoft Excel

B. Software AUTOCAD

Autocad merupakan Software untuk penyajian data familier dengan software yang lainnya. Disini akan di bahas beberapa perintah atau tools yang paling sering digunakan dimana tools ini menjadi dasar dalam sebuah pembuatan peta. Pada materi ini dipilih software AutocadMap sesuai dengan bidang ilmu yaitu survey dan pemetaan dimana bidang ilmu ini salah satu tujuannya adalah membuat peta (map).

  • Layers    : Untuk memisahkan objek satu dengan objek yang lain
  • Line        : Untuk membuat garis/Vertex
  • Polyline : Untuk membuat garis yang tidak putus
  • Trim      : Untuk memotong garis (Line )
  • Extend  : Untuk menyambungkan garis ( Line )

 

Video 1: Contoh Cara membuat data Kontur dengan Aplikasi AUTOCAD

C. Surfer

Surfer merupakan software untuk pembuatan peta dan permodelan 3D dengan berdasarkan pada grid. Dalam memebuat kontur dengan menggunakan surfer diperlukan 3 variable data X,Y dan Z. surfer melakukan plotting data tabular XYZ tak beraturan menjadi lembar titik-titik segi empat (grid) yang beraturan. Garis vertical dan horizontal memiliki titik perpotongan, pada titik perpotongan ini disimpan nilai Z yang berupa titik ketinggian atau kedalaman.

 

Video 2: Contoh Cara membuat data Kontur dengan Aplikasi Surfer

D. ArcGis

Dikutip dari Situs Sistem Informasi Spasial dan Pemetaan Hutaan Universitas Gajah Mada, ArcGIS adalah salah satu software yang dikembangkan oleh ESRI (Environment Science & Research Institue) yang merupakan kompilasi fungsi-fungsi dari berbagai macam software GIS yang berbeda seperti GIS desktop, server, dan GIS berbasis web. Software ini mulai dirilis oleh ESRI Pada tahun 2000. Produk Utama Dari ARCGIS adalah ARCGIS desktop, dimana arcgis desktop merupakan software GIS professional yang komprehensif dan dikelompokkan atas tiga komponen yaitu : ArcView(komponen yang focus ke penggunaan data yang komprehensif, pemetaan dan analisis), ArcEditor (lebih fokus ke arah editing data spasial) dan ArcInfo (lebih lengkap dalam menyajikan fungsi-fungsi GIS termasuk untuk keperluan analisi geoprosesing).

 

Video 3: Contoh Cara membuat data Garis Kontur dengan Aplikasi ArcGis

 

E. SketchUp

Aplikasi Sketchup juga bisa digunakan untuk Membuat kontur, kontur ini dihasilkan dari tool location yang ada pada sketchup dan tool location ini tersinkron dengan google earth untuk menentukan lokasi yang akan kita buat konturnya. Aplikasi Sketchup juga bisa berfokus pada pembuatan dataran yang tidak merata dan biasanya digunakan untuk lahan yang nanti nya akan digunakan untuk membuat bangunan seperti rumah, villa, dan lain lain.

 

Video 4: Contoh Tutorial Cara membuat data Garis Kontur dengan Aplikasi SketchUp

 BACA JUGA : Definisi dan Pengertian Peta Topografi Dasar Rupabumi

Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!
sumber:

 

ArcGis, Artikel Geodesi, Artikel Pemetaan, Definisi Kartografi, Peta Perencanaan, SketchUp, Software membuat Kartografi, Software membuat kontur, Teknik Penyajian Data

error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!