Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Peran penting Geodesi dan Satelit Altimetri dalam Pemetakan Lautan Bumi

16 Agustus 2023 - Kategori Blog

Halo sobat survey, kembali lagi dengan artikel Indosurta. Peta navigasi perairan dan informasi-informasi tentang badan air atau lautan yang ada di bumi ini sebagian besar diperoleh dari campur tangan orang geodesi dengan memanfaatkan satelit altimetri lho.

Sobat survey sudah tahu belum apa saja peran penting yang dimiliki oleh ahli geodesi dalam memetakan lautan di bumi? Kalau belum, yuk kita bahas! Simak artikel nya hingga akhir ya 🙂

LIHAT JUGA : Satelit Altimetri – Pengertian, Manfaat dan Penerapannya

Di zaman saat ini, di mana teknologi terus memberikan pemahaman tentang dunia, dengan adanya para ahli di bidang geodesi dan satelit altimetri menjadi alat utama dalam mengungkap dan memetakan lautan dan lapisan es di bumi.

Dengan adanya teknologi yang efektif ini dapat merevolusi cara para ilmuwan dalam memetakan, mengukur, dan memantau topografi bumi dengan presisi.

Dengan bantuan satelit altimetri kamu bisa menghitung arus laut hingga melacak pergerakan dari lapisan es.

 

Memetakan Lautan

Sistem Pengukuran Laut menggunakan GPS Satelit - Peran penting Geodesi dan Satelit Altimetri dalam Pemetakan Lautan Bumi - Artikel Surveyor Hidrografi Indosurta Group

Sumber : Marilia T. Dicezare, 2018

Hamparan luas lautan di Bumi menjadi salah satu alam yang paling sedikit dieksplorasi dan dipahami di planet kita.

Dengan adanya satelit altimetri membuat kita dapat memahami interaksi yang rumit antara arus laut, pasang surut, dan perubahan permukaan laut.

Dengan mengukur variasi ketinggian permukaan laut (MSL) dengan tingkat akurasi yang tinggi, satelit altimetri dapat memberikan data yang digunakan untuk memahami pola sirkulasi laut dan pengaruhnya terhadap iklim, cuaca, dan ekosistem laut.

Satelit altimetri yang mengorbit Bumi mengirimkan sinyal radar dengan waktu yang tepat ke permukaan laut dan kemudian mengukur waktu yang dibutuhkan sinyal untuk memantul kembali.

Data ini digunakan untuk menghitung jarak antara satelit dan permukaan laut, sehingga dengan ini dapat memungkinkan para ilmuwan untuk membuat peta topografi laut yang detail.

Peta-peta ini mengungkapkan fitur-fitur yang sebelumnya tidak atau belum diketahui lho, seperti pegunungan bawah air, palung laut dalam, dan pusaran angin yang memainkan peran penting dalam mengatur sistem iklim di bumi.

 

Mengungkap Dinamika Lautan Es

Hasil Foto Lapisan Es Kutub dari Satelit bersumber NASA - Peran penting Geodesi dan Satelit Altimetri dalam Pemetakan Lautan Bumi - Artikel Surveyor Hidrografi Indosurta Group

Sumber : NASA

Seiring kekhawatiran tentang kenaikan permukaan laut global, memahami perilaku lapisan es di bumi saat ini telah menjadi bidang penelitian yang utama.

Satelit altimetri memberikan sarana untuk mengukur perubahan ketebalan lapisan es dan gletser, menghitung keseimbangan massa dan pengaruh potensial terhadap perubahan permukaan laut (MSL).

Dengan menggunakan satelit altimetri dan pengukuran gravitasi, para ilmuwan dapat memantau perubahan ketinggian lapisan es dan gletser dengan akurasi tinggi.

Data ini dapat membantu kita dalam melacak aliran es, efek pencairan, dan kesehatan massa es secara keseluruhan.

Informasi ini sangat penting untuk memprediksi perubahan permukaan laut di masa depan dan memahami interaksi kompleks antara es, samudra, dan atmosfer.

 

Tantangan dan Prospek Ke Depan

Walaupun dengan adanya satelit altimetri dan ilmu geodesi dapat membantu kita memahami tentang lautan dan lapisan es di bumi, tetapi faktor-faktor seperti kalibrasi instrumen, interferensi sinyal, dan kebutuhan jangkauan satelit secara terus-menerus dapat memengaruhi akurasi dari pengukuran.

Namun, kemajuan teknologi saat ini dan teknik analisis data yang semakin meningkat terus-menerus mengatasi tantangan ini.

Para ilmuwan berharap kedepannya adanya penyempurnaan berkelanjutan dari instrumen satelit altimetri, dan dikombinasikan dengan perkembangan pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan (AI).

Hal ini agar dapat menghasilkan pengukuran yang lebih tepat dan pemahaman yang lebih dalam tentang sistem kompleks Bumi.

Informasi ini akan sangat penting untuk membuat keputusan berdasarkan informasi tentang mitigasi perubahan iklim, tanggap bencana, dan konservasi ekosistem laut.

LIHAT JUGA : Satelit Altimetri – Pengertian, Manfaat dan Penerapannya

Nah itu dia beberapa peran penting dari satelit altimetri dan ilmu geodesi dalam memetakan lautan dan lapisan es di bumi.

Sekarang sobat survey sudah tahu kan kalau ternyata ilmuwan geodesi dan satelit altimetri memegang perang yang sangat penting dalam hal ini?! Jangan lupa baca artikel Indosurta lainnya juga ya, semoga bermanfaat!

 

Sumber :

 

Dinamika Lautan Es, Geodesi Satelit Altimetri, hidrografi, Ketinggian Permukaan Laut, Masa Depan Ilmu Geodesi, Measurement Sea Level, Pemetaan Lautan, Pemetakan Lautan Bumi, Peran Geodesi Terhadap Laut

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!