Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Perbedaan Survey Topografi Dengan Survey Batimetri

17 Januari 2023 - Kategori Blog

Halo sobat survey, kembali lagi bermasa artikel Indosurta. Sebagai calon surveyor kalian harus mengatahui dasar –  dasar pengetahuan survey, contohnya seperti survey Topografi dan survey Batimetri. Dari kedua kegiatan tersebut memiliki perbedaan.

 LIHAT JUGA : Jurusan Teknik Geodesi, Apa Saja Sih Yang Harus di Siapkan?

Oleh karena itu disini kita akan membahas perbedaan dari kedua kegiatan survey tersebut serta menjelaskan pengertian dan alat survey yang dipakainya, berikut penjelasannya.

 

Survey Topografi

Survey Topografi adalah kegiatan survey yang bertujuan untuk mencari informasi permukaan tanah, seperti mencari informasi tinggi rendahnya permukaan tanah dan posisi suatu benda di permukaan. Survey topografi sangat berguna untuk proses pembuatan peta topografi.

Proses pemetaan survey Topografi yaitu dengan pengukuran langsung di permukaan bumi dengan bantuan alat survey topografi. Peralatan tersebut berupa Total Station, Theodolite, Automatic Level Waterpass, Kompas Survey, Prisma, Yalon, Pita Ukur, Bak Ukur, Statif, dan lainnya.

 

Survey Bhatimetri

Survey Batimetri adalah kegiatan survey pemetaan di air dengan tertujuan untuk mengumpulkan data seperti kedalaman air dan kondisi daratan di dasar air, kemudian data tersebut di oleh dan di evaluasi dalam bentuk peta batrimetri serta informasi mengenai kelautan lainnya.

Hasil dari survey Batimetri digunakan untuk kepentingan pembangunan dan sebagainya. Ruang lingkup dari survey Batimetri berada di daerah perairan seperti waduk, laut, pantai, dasar laut, dan sungai.

Survey Batimetri menggunakan metode akustik dari alat Echosounder. Metode akustik ialah metode dengan menggunakan perambatan suara untuk pendeteksian target di laut.

Contoh alat survey Batimetri berupa Multibeam Sonars, Side Scan Sonar, Lidar, Laser Scanner, Sound Speed Profilers, GPS.

 

Perbedaan Survey Topografi dan Survey Batimetri

Dari penjelasan pengertian diatas dapat terlihat jelas perbedaan nya, seperti :

  1. Survey Topografi melakukan pemetaan di permukaan bumi untuk mencari informasi tinggi rendahnya permukaan tanah. Sedangkan survey Batimetri melakukan pemetannya di perairan seperti waduk, sungai, laut, dasar laut, serta pantai untuk mendapatkan informasi kedalaman dan kondisi di permukaan air.
  2. Hasil dari survey Topografi berupa peta Topografi sedangkan survey Batimetri berupa peta Batimetri. Kedua peta tersebut terdapat perbedaan pada keterangan petanya. Baik dari judul peta, skala peta, legenda, simbol dan penggunaan warna.
  3. Alat survey yang digunakan pun juga berbeda.

 LIHAT JUGA : Kumpulan Brosur Alat Survey dan Pemetaan Topografi

Nah sampai sini kalian jadi paham kan sobat survey, tentang perbedaan survey Topografi dengan survey Batimetri. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel Indosurta lainnya ya.

Sumber :

Artikel Geodesi, Calon Surveyor, Survey Batimetri, Survey Topografi

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!