Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

10 Tips Merawat Peralatan Alat Survey Total Station & GPS GNSS

23 Agustus 2021 - Kategori Blog

 LIHAT JUGA : Pengertian, Bentuk, Jenis, Macam dan Fungsi Kompas

Alat Survey Total Station dan GPS/GNSS sangat berpengaruh pada Akurasi. Akurasi adalah tujuan akhir dalam hal pekerjaan survei. Jika persiapan dan pengecekkan tidak dilakukan, Anda pasti akan mengalami masalah begitu tiba waktunya untuk mulai bekerja. Di situlah merawat peralatan survei Anda berperan. Berikut adalah beberapa tips tentang pemeliharaan peralatan survei sehingga Anda dapat memastikan pengukuran situs Anda tepat dengan bersumber dari narasumber kami, seorang surveyor bernama Crozier.

 

1. Pemeriksaan rutin setiap tahun

Kontraktor/ konsultan maupun surveyor yang menggunakan total station disarankan untuk perawatan rutin setiap tahun untuk mengetahui kualitas alat yang digunakan. “Kami merancang peralatan kami khusus untuk industri konstruksi sehingga lebih kokoh, kuat, dan membutuhkan sedikit perawatan. Itu terutama berlaku untuk receiver GPS /GNSS, ”kata Crozier. “Namun, di total station, itu adalah instrumen presisi tinggi. Itu sebabnya kami merekomendasikan untuk pemeriksaan rutin setiap tahunnya.”

Bahkan jika tidak ada kendala pada total station, dengan melakukan perawatan rutin setiap tahunnya dapat mencegah atau mendeteksi yang ada pada total station agar tidak berkembang. “Ditempat service, mereka akan memeriksa dan menyetel apa pun yang ‘menyimpang’ dari spesifikasi dan mengembalikannya ke performa optimal,” kata Crozier. “jika tidak melakukan perawatan setiap tahunnya ditakutkan alat tidak optimal pada saat digunakan seperti keausan pada alat seiring berjalanya waktu. Jadi lebih baik untuk melakukan perawatan agar alat dapat digunakan secara optimal. Seperti halnya pada mobil kita harus sering mengganti oli agar mobil dapat digunakan secara optimal.”

 

2. Kalibrasi secara teratur yaitu 6 Bulan Sekali

Di luar pemeriksaan rutin setiap tahunnya, pemeliharaan total station harus terdiri dari kalibrasi setidaknya setiap 6 bulan, serta memastikan akurasi posisi dengan memeriksa laboratorium kalibrasi.  “Semua perangkat lunak kami yang bekerja dengan total station ini memiliki kemampuan untuk melakukan kalibrasi dasar di lokasi,” kata Crozier. “Dan baik itu GPS/GNSS atau total station, Anda harus memeriksanya di titik kontrol yang diketahui untuk memastikan bahwa semuanya diukur dalam spesifikasi. Itu harus dilakukan pada setiap pengaturan.”

 

3. Selalu melakukan pembaruan pada perangkat lunak

“Biasanya Anda akan melihat perangkat lunak ditingkatkan beberapa kali dalam setahun, dan ini akan meningkatkan kinerja sistem dan biasanya memperbaiki bug/error yang mungkin ada pada rilis perangkat lunak sebelumnya,” kata Crozier. “Siapa pun yang menggunakan perangkat ini harus memiliki semacam dukungan perangkat lunak.”

 

4. Gunakan tas jinjing (carrying case) untuk penyimpanan dan mobilitas

Peralatan survei dilengkapi dengan tas jinjing yang kokoh, dan penting untuk menggunakannya. “alat survei harus diperlakukan sebagai perangkat presisi, khususnya total station,” kata Crozier. “jika tidak sengaja menjatuhkannya, maka alat tersebut harus kalibrasi. GPS /GNSS berbeda dengan total station yang mana tidak tidak memiliki presisi mekanis, jadi perawatannya pun berbeda.” Selain menggunakan tas jinjing, perhatikan bagaimana tepatnya Anda mengangkut peralatan. Crozier merekomendasikan untuk menyimpannya di dalam kabin kendaraan servis alih-alih trailer atau tempat tidur truk.

5. Bersihkan dengan sabun dan air

Untuk membersihkan alat survei Anda, yang Anda butuhkan hanyalah sabun dan air. “Semua perangkat yang dibuat Trimble diberi peringkat IP67 sehingga dapat menangani kelembapan,” kata Crozier. “Kami merekomendasikan sabun dan air. Tisu alkohol adalah cara lain yang baik untuk membersihkan perangkat.”

Pada Total Station, harus waspada terhadap apa yang mereka gunakan untuk membersihkan lensa optik. “Tutup lensa harus digunakan saat peralatan sedang diangkut dan tidak digunakan,” kata Crozier. “Jika Anda perlu menyeka lensa, Anda harus menggunakan kain pembersih lensa khusus. Anda tidak ingin menggunakan apa pun yang dapat menggores lensa.”

 

6. Pemecahan masalah di lapangan

Jika total station Anda tidak diposisikan dengan benar setelah mengujinya pada titik kontrol, langkah pertama adalah memeriksa kalibrasi, kata Crozier. “Itu bisa dilakukan di lapangan oleh pengguna,” katanya. “Kalau masih tidak bisa menyelesaikan masalah, itu perlu dibawa ke pusat layanan.”

Beda hal dengan receiver GPS/GNSS tidak dapat dilakukan seperti pada total station. “Pada Receiver GPS/GNSS, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan posisi menjadi salah,” kata Crozier. “Gelembung di pole stick dapat menyebabkan masalah jika itu tidak benar. Pengaturan Base yang tidak sesuai. Dan ketiga adalah kalibrasi di lapangan. Receiver GPS/GNSS biasanya tidak akan memberi Anda posisi yang buruk secara mekanis, tetapi salah satu dari ketiga hal tersebut dapat menyebabkan masalah.”

 

7. Perhatikan Kondisi lokasi kerja

Perhatikan kondisi tempat Anda bekerja. “peralatan survei sekarang umumnya bisa digunakan saat hujan, tapi jangan dimasukkan pula ke dalam air,” kata Crozier. “Dan bahkan saat hujan, Anda bisa mendapatkan pelindung hujan untuk menutup instrumen dalam kondisi hujan yang mungkin terlalu berlebihan. Ini membantu menjaga kelembaban agar tidak masuk ke sambungan mekanis. Meskipun instrumen ini kuat dan dikembangkan untuk lingkungan konstruksi, namun perlu memperlakukannya dengan cara yang benar.”

 

8. Tanda peringatan masalah pada Alat

Jika muncul tanda peringatan pada total station (biasanya diawali huruf E, kemudian angka) disarankan untuk langsung membawanya ke tempat service.

 

9. Hindari/Batasi perbaikan Peralatan secara sendiri

Tidak disarankan untuk mencoba memperbaiki sendiri jika tidak mengetahui karakteristik alat, kami menyarankan untuk menghubungi service center terdekat untuk mengetahui masalah yang ada ungkap Crozier.

 

10. Saran untuk penggunaan kontrol mesin

Saat peralatan survei dimasukkan ke dalam mesin kontrol, item perawatan utama yang perlu diingat adalah titik keausan pada kabel. “Saat ini Orang-orang menempatkan alat survei pada mesin kontrol,” kata Crozier. “Hal utama yang harus diperiksa adalah kabel untuk titik keausan karena dapat menyebabkan korsleting atau putusnya kabel.”

 BACA JUGA : Kumpulan Artikel dan Pengetahuan Geodesi dan Pemetaan

Sumber: situs onsiteinstaller.com

Alat Surveyor, Merawat Surveyor, Perawatan Alat Surveyor, Perawatan Alat Topografi, Perawatan Geodesi, Perawatan GPS, Perawatan Theodolite, Perawatan Total Station, Tips Merawat Alat Survey, Tips Pemetaan

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!