Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Akurasi Pemosisian dengan GNSS & fitur Precise Point Positioning (PPP)

23 Januari 2024 - Kategori Blog

Halo sobat survey, kembali lagi dengan artikel Indosurta. Dalam era teknologi modern, Global Navigation Satellite System (GNSS) telah menjadi elemen kunci dalam berbagai aplikasi, mulai dari survei hingga navigasi presisi. Salah satu inovasi penting dalam dunia pemosisian adalah fitur Precise Point Positioning (PPP) pada alat GNSS.

Pada Artikel kali ini kita akan membahas signifikansi PPP dalam meningkatkan akurasi pemosisian dan aplikasi yang berkaitan.

LIHAT JUGA : Bagaimana Jika Teknologi LiDAR dan GNSS Digabung?

Dasar dasar GNSS dan PPP

  1. GNSS adalah sistem navigasi global yang menggunakan satelit untuk memberikan informasi posisi secara akurat di seluruh dunia. Contoh sistem GNSS termasuk GPS (Global Positioning System), GLONASS, Galileo, dan BeiDou.
  2. Precise Point Positioning (PPPadalah teknik pemosisian yang memanfaatkan sinyal dari satelit untuk menghitung posisi dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi, tanpa perlu stasiun referensi. Teknologi ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan koordinat dengan tingkat ketepatan hingga sentimeter.

Keunggulan fitur PPP pada GNSS

  1. Independensi dari Stasiun Referensi, PPP menghilangkan ketergantungan pada stasiun referensi tanah atau yang disebut juga dengan Benchmark (BM), yang memungkinkan pengguna untuk bekerja di lokasi terpencil atau yang sulit dijangkau.
  2. Akurasi Tinggi, Fitur PPP pada alat GNSS meningkatkan akurasi posisi hingga tingkat sentimeter, sehingga sangat cocok untuk aplikasi yang membutuhkan hasil yang sangat presisi.
  3. Pemosisian Real-time, Kemampuan PPP dalam memberikan solusi pemosisian secara real-time sangat berharga dalam berbagai aplikasi, termasuk navigasi kendaraan otonom dan pemantauan berbasis lokasi.

Pengaplikasian fitur PPP dalam berbagai Industri

  1. Survei dan Pemetaan, Alat GNSS dengan fitur PPP sangat efektif dalam pekerjaan survei dan pemetaan, yaitu untuk memastikan hasil pengukuran yang akurat dan konsisten.
  2. Agriculture yang Presisi, Pertanian presisi memanfaatkan PPP untuk pemosisian yang akurat dalam manajemen ladang, pemantauan pertumbuhan tanaman, dan aplikasi lainnya.

 

Nah jadi penggunaan GNSS dengan fitur Precise Point Positioning (PPP) akan memberikan tingkat akurasi yang sangat baik dalam pengambilan data suatu posisi.

Nah salah satu nya yaitu GNSS Hi-Target Irtk5 yang sudah terintegrasi dengan fitur PPP ini lho sobat survey, jadi kalau kamu tertarik atau membutuhkan teknologi ini untuk memudahkan pekerjaan pemetaan kamu, maka kamu bisa menghubungi call center kami untuk informasi lebih lanjut ya.

LIHAT JUGA : Bagaimana Jika Teknologi LiDAR dan GNSS Digabung?

Pembahasan tentang PPP ini cukup sampai disini dulu ya sobat survey, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel Indosurta lainnya juga ya!

 

Sumber:

Aplikasi PPP, Dasar GNSS, Dasar PPP, Keunggulan GNSS, Keunggulan PPP

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!