Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Cara Menggunakan dan Membaca Rambu Ukur

29 Desember 2021 - Kategori Blog

Rambu Ukur Indosurta

Rambu Ukur

Pengertian Rambu Ukur

Rambu Ukur atau Bak Ukur atau Mistar Ukur adalah alat ukur yang biasa dipakai bersama dengan theodolite atau waterpass. Alat ini terbuat dari kayu atau alumunium yang diberi skala pembacaan. Memiliki panjang 3,4 sampai 5 meter, alat ini punya banyak ukuran sesuai dengan kebutuhan para surveyor.

Skala rambu ini dibuat dalam centimeter (cm), tiap blok hitam, putih atau merah menyatakan panjang 1 cm, setiap 5 blok yang berbentuk E menyatakan panjang 5 cm, dan setiap 2 buah E menyakatan 1 desimeter (dm) atau 10 cm. Tiap panjang ukur diberi warna yang berlainan agar mrmudahkan dalam pembacaan rambu.

 

Fungsi Rambu Ukur

Fungsi dari rambu ukur sendiri adalah untuk memudahkan mengukur beda tinggi antara garis bidik dengan permukaan tanah.

 

Cek Kondisi Rambu Ukur

Sebelum menggunakan rambu ukur, ada baiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu.  Karena jika terjadi kerusakan di alat ini, maka akan mempengaruhi hasil pengukuran. Ada 3 kondisi yang harus diperhatikan sebelum digunakan

  1. Cek kondisi bacaan yang ada di alat. Pastikan bacaan rambu ukur terlihat jelas dan tidak ada kotoran yang menempel. Biasanya, rambu ukur digunakan di lapangan terbuka dan bisa jadi terkena debu, lumpur dan kotoran lainnya, sehingga bisa menyebabkan bacaan pada rambu ukur menjadi tidak jelas. Maka, biasakan setelah penggunaan rambu ukur, selalu membersihkan alat dan pastikan bacaan terlihat bersih dan jelas. Sehingga, rambu ukur siap digunakan untuk pengamatan berikutnya.
  2. Cek kondisi bawah rambu ukur. Pastikan bagian dasar/bawah dari rambu ukur tidak bergelombang dan rata. Agar hasil yang diberikan rambu ukur akurat.
  3. Cek penguncian pada alat. Pastikan ketika memanjangkan alat, sampai ke titik penguncian alat, sehingga alat menjadi stabil dan kokoh ketika digunakan.
  4. Cek kondisi alat solid dan jangan sampai goyang.

 

Cara Menggunakan Rambu Ukur

  1. Atur ketinggian rambu ukur dengan menarik batangnya sesuai dengan kebutuhan, kemudian kunci.
  2. Letakkan dasar rambu ukur tepat diatas tengah-tengah patok (titik) yang akan dibidik.
  3. Usahakan rambu ukur tersebut tidak miring/condong (depan, belakang, kiri dan kanan), karena bisa mempengaruhi hasil pembacaan.

Dan itu adalah Cara Menggunakan Rambu Ukur. Semoga dengan anda membaca artikel ini, pengetahuan anda semakin luas dan bisa berkembang ke jenjang berikutnya. Jangan lupa untuk membaca artikel Indosurta yang lain ya!

 

Lihat Juga: Rambu Ukur

 

Sumber: Youtube Anak Teknik

 

Lihat Juga: Brosur Alat Survey Indosurta Group

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!