Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Sudah Tahu Tentang Robotic Total Station Belum? Yuk Disimak

10 Mei 2022 - Kategori Blog

Halo sobat survey, pasti sudah tidak asing kan dengan total station, salah satu alat yang sering digunakan untuk pemetaan tanah dan survey di lapangan. Total station biasanya di operasikan dengan minimal 2 orang. Satu orang sebagai operator Total Station dan yang lainnya adalah helper yang bertugas sebagai pembawa target. Akan tetapi dengan robotic total station, sobat survey dapat mengoperasikan nya hanya dengan 1 orang saja! maka itu simak lebih lengkap!

Apa itu Robotic Total Station? Lalu, apa keunggulan nya?

Robotic Total Station merupakan perangkat survey berupa total station yang dilengkapi dengan system otomatisasi. Dengan adanya sistem ini, sangat memungkinkan bagi surveyor untuk melakukan survey secara mandiri. Jika dibandingkan dengan total station manual, robotic total station lebih unggul karena bisa melakukan pengukuran jarak dalam jangkauan yang lebih jauh serta dapat mengukur lebih banyak titik dengan waktu yang lebih singkat hanya dengan satu operator saja.

Apa keuntungan menggunakan nya?

Dengan menggunakan robotic total station di lapangan, dapat memberikan banyak keuntungan seperti:

  • Meningkatkan produktivitas di lapangan, survey dan pengukuran dapat dilakukan dengan dengan lebih cepat sehingga volume pekerjaan dapat ditingkatkan
  • Kualitas lebih baik, alat ini memiliki akurasi tinggi yang dapat meningkatkan angka inspeksi titik, mengurangi kesalahan dan pengerjaan ulang
  • Komunikasi antara kantor dan lapangan menjadi efisien, karena dapat mengakses data secara langsung dan akurasi yang tinggi

Semua manfaat ini dapat dirasakan ketika menggunakan robotic total station

Dalam satu hari perkerjaan dengan tanpa total station diperlukan setidaknya 2 orang operator untuk mendapatkan 200 titik. Sedangkan dengan menggunakan total station manual, diperlukan 2 orang operator untuk menghasilkan 400 titik. Ketika kita menggunakan Robotic Total Station, hanya dengan satu orang operator dapat menghasilkan 600 titik. Maka jika di kalkulasikan, produktifitas survey dan pengukuran dapat meningkat hingga 600% jika kita menggunakan Robotic Total Station.

Peningkatan yang signifikan di produktivitas membuat tim untuk mendapatkan titik lebih banyak, mendapat hasil dengan kualitas lebih baik dan mengurangi resiko pengulangan pekerjaan.

LIHAT JUGA : Apa itu Total Station?

Studi Kasus: Precast Lahan Parkir dengan Robotic Total Station

Mengenal Robotic Total Station 001

sumber: bim360

Sebuah perusahaan konstruksi di Hawaii memilih untuk menggunakan robotic total station ketika melakukan precast untuk struktur lahan parkir yang luas.

Setiap komponen precasting memiliki pasak yang diikat ke selongsong yang memungkinkan pasak dipasang pada tempat tersebut. Pada awalnya, perusahaan memberikan perkiraan persentase dari 875.000 pasak, yang terpasang tidak sesuai dengan spesifikasi.

Akurasi yang dihasilkan menggunakan alat jauh melampaui harapan. Tidak satu pun dari 875.000 pasak perlu dikerjakan ulang. Semua pasak dipasang tepat waktu sehingga proyek selesai dua minggu lebih cepat dari jadwal.

Kontraktor tidak perlu mengeluarkan biaya pengerjaan ulang pasak. Mereka juga dapat menghemat biaya sewa alat berat, seperti crane yang digunakan untuk mengangkat pasak. Termasuk biaya sewa Robotic Total Station, software, dan pelatihan. Manajer proyek melaporkan keuntungan project dapat meningkat lebih dari 10x pada proyek percontohan tersebut.

Berapa harga alat ini?

Harga Robotic Total Station beragam dan bergantung pada spesifikasinya. Dalam membandingkan opsi, pertimbangkan fitur-fitur berikut dan bagaimana mereka sesuai dengan kebutuhan:

FiturDefinisiYang perlu Anda ketahui
JarakJarak yang dapat Anda memvalidasi dengan akurat
  • Proyek infrastruktur biasanya membutuhkan alat dengan jangkauan jarak yang lebih panjang
  • Proyek konstruksi vertikal seringkali hanya membutuhkan jarak yang lebih pendek
  • Pertimbangkan jarak rata-rata dan maksimum antara titik kontrol yang diketahui dan titik-titik yang Anda susun atau validasikan
AkurasiTingkat Presisi
  • Penggunaan detil biasanya membutuhkan tingkat presisi yang lebih tinggi
  • Pertimbangkan variasi spesifikasi yang dapat diterima rata-rata dan minimum untuk aplikasi Anda
Stabilitas SensorKemampuan untuk mengunci
  • Kemampuan yang lebih baik untuk mempertahankan posisi menjadi kunci dalam mengurangi gangguan dan meningkatkan produktivitas
Waktu AkuisisiBerapa lama untuk mengatur dan menemukan prisma
  • Waktu pekerjaan yang lebih cepat meningkatkan produktivitas secara keseluruhan
Ketahanan BateraiBerapa lama baterai bertahan
  • Masa pakai baterai yang lebih lama bisa mengurangi gangguan
  • Membawa baterai ekstra membutuhkan biaya dan mengurangi produktivitas
  • Pertimbangkan berapa jam per hari Robotic Total Station Anda akan digunakan
Kemudahan pengaturan dan kompatibilitas dengan perangkat lunak desainKompleksitas proses dari pembelian hingga penggunaan produk
  • Pastikan Robotic Total Station mampu bekerja dengan software yang tersedia.
  • Pertimbangkan jumlah waktu yang tersedia untuk tim dalam proses pengaturan
Jarak KomunikasiJarak pengiriman data
  • Beberapa Robotic Total Station memerlukan akses ke Wifi, yang mungkin tidak cocok di beberapa lokasi pengukuran. Dalam situasi itu, memiliki Robotic Total Station yang dapat memanfaatkan komunikasi bluetooth sangatlah membantu.
Harga, garansi, dan supportHarga
  • Jaminan pasti di mana produsen siap memberikan garansi jika ada masalah.
  • Dukungan kualitas sesuai harapan konsumen.

itu dia sobat survey, penjelasan mengenai Robotic Total Station, memang tidak terlalu berbeda memang fungsinya dari Total Station manual. Hanya saja fitur dari Robotic Total Station ini sangat memudahkan pengukuran, menghemat waktu dan bisa digunakan . Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel Indosurta lain nya ya!

Mengenal Robotic Total Station 002

sumber: bim360

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!