Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Alat Total Station dalam Survei dan Pemetaan

Apa itu Definisi Total Station ?

 

Total Station Jaman Dahulu - Sejarah Total Station - Apa itu Total Station

Alat Total Station, sebuah instrumen atau peralatan yang digunakan dan berfungsi untuk mengukur jarak, kemiringan sudut, serta ketinggian baik dalam bentuk horizontal maupun vertikal serta dirancang untuk proses survei, pengukuran, dan pemetaan topografi serta pekerjaan geodetik, sehingga peralatan ini dapat menghasilkan data yang nantinya di olah kembali oleh para drafter (Drafter adalah orang yang bekerja membuat, menyiapkan gambar kerja teknik, sehingga gambar tersebut dapat digunakan proses pembentukan dan pembangunan obyek) untuk dilakukan proses Stake Out (Pencarian titik) untuk pembangunan.

Hasil pengukuran yang telah dilakukan di lapangan menggunakan Total Station, pastinya dapat direkam ke dalam memori internal Total Station dan disimpan komputer pribadi. Sehingga Kemampuan dasar dalam Alat Survey Total Station adalah dapat melakukan pengukuran dan pemetaan sebuah wilayah dengan rentang jarak yang luas, waktu yang cepat dalam melakukan pemetaan, serta menghasilkan data yang akurat.

Bagaimana Sejarah Alat Survey Total Station ?

Kendati demikian, Total Station merupakan pengembangan dari alat survey Theodolite, yaitu instrumen/alat yang pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan Carl Zeiss, bertujuan untuk mendapatkan dan mengumpulkan data berisi koordinat, titik, posisi, serta lapangan dari sebuah wilayah yang bersifat modern.

Theodolite yang merupakan alat survey atau alat pemetaan wilayah elektronik yang digunakan dan telah terintegrasi dengan komponen pengukur jarak elektronik (electronic distance meter (EDM)), menghasilkan konsep baru dalam dunia survei dan pemetaan yang bersifat otomatis dan sepenuhnya dihasilkan oleh mesin Total Station dengan nama asli yaitu adalah tacheometer elektronik.

Total Station Jaman Dahulu - Sejarah Total Station - Apa itu Total Station

Total Station Hewlett-Packard menjadi pelopor Total Station tahun 1978-1981

Namun, perusahaan pengembang elektronik Hewlett-Packard (HP) memperkenalkan penggunaan nama Tacheometer Elektronik ini menjadi Total Station lebih dari 30 tahun yang lalu, Sehingga nama tersebut yang sekarang dapat kita kenal sebagai Total Station, salah satu macam peralatan pemetaan para Surveyor.

 

Lalu, Bagaimana Cara Kerja Alat Survey Total Station ?

Dalam Total Station, terdapat dioda pemancar cahaya inframerah yang mana cahaya tersebut mengirimkan sinar dari instrument ke prisma, kemudian prisma tersebut memantulkan kembali ke Total Station. Bagian dari panjang gelombang yang meninggakan instrument dan kembali lagi dinilai dan dihtung, Atau dengan kata lain, instrumen EDM yang terpasang di dalam teleskop Total Station mentransmisikan sinar inframerah yang dipantulkan kembali ke unit dengan bantuan prisma (setelah refleksi internal total).

total station gm50 series

Dalam hal ini, EDM menggunakan pengukuran waktu untuk menghitung jarak yang ditempuh oleh sinar tersebut. Dengan beberapa pengecualian, instrumen EDM mensyaratkan bahwa target sangat reflektif dan prisma yang mencerminkan biasanya digunakan sebagai target.

Total station yang banyak digunakan saat ini juga dapat menyimpan atau merekan data, dimana data mentah sudut dan jarak serta data lainnya yang direkam pada saat pengambilan data di lapangan/ survey. Data yang direkam tersebut juga bisa langsung di unduh ke komputer menggunakan kabel data bahkan untuk Total Station terbaru sudah bias mengunduh data dari Total Station menggunakan USB stick.

 Pada dasarnya penentuan sudut dan jarak merupakan dua pekerjaan yang terpisah, namun jika menggunakan Total Station, dua pekerjaan berbeda tersebut dilakukan pada saat bersamaan. Jika pegukuran menggunakan alat in harus sangat berhati-hati, sebagai contoh pada saat membidik menggunakan teleskop/teropong harus dilakukan secara baik dan benar karena akan sangat menentukkan kesalahan pengukuran.

5 Fungsi Total Station

  1. Pengukuran Sudut

Total station bisa mengukur sudut dengan metode electro-optical scanning melalui piringan atau silinder kaca yang mempunyai indikator skala yang sangat presisi. Total station dengan fitur terkini bisa mengukur sudut dengan nilai ketelitian hingga 0.5 arc- second.

  1. Pengukuran Jarak

Pengukuran jarak ini memakai teknologi cahaya infra merah yang termodulasi. Sinyal ini dipancarkan oleh alat pemancar kecil yang di dalam instrumen optik, lalu akan dipantulkan kembali oleh prisma reflektor. Dari sini dapat dihitung jarak alat dan objek dengan menggunakan waktu tempuh cahaya.

  1. Pengukuran Koordinat

Hasil dari fungsi mengukur jarak dan sudut dari total station dapat langsung diolah menjadi koordinat dengan menggunakan rumus trigonometri dan triangulasi oleh komputer didalamnya.

Total station dapat melakukan pengukuran dengan bertumbu pada 2 titik yang diketahui dan biasa disebut Benchmark (BM), keduanya memiliki titik koordinat yang kemudian berfungsi sebagai tempat alat serta titik ikat nya (Backsight).\

  1. Pengukuran Luas

Dari koordinat yang sudah disimpan alat ini mampu menghitung luasannya dengan rumus triangulasi secara otomatis. Fitur ini paling dibutuhkan ketika ingin mengetahui luasan suatu bidang tanpa harus menunggu di transfer ke komputer kantor

  1. Pengumpulan dan Pemrosesan Data

Tidak seperti theodolite yang harus dicatat dan dihitung manual oleh operator alat, theodolite dapat menyimpan serta memproses data yang sudah di observasi karena mempunyai memori dan sistem komputer didalamnya.

Beberapa total station bahkan sudah memiliki OS seperti windows dsb sehingga mempunyai fitur lengkap seperti akses internet, Wifi, Bluetooth dll.

Apa Saja Manfaat Total Station ?

  • Mengurangi kesalahan (dari manusia) Contohnya adalah kesalahan pembacaan dan kesalahan pencatatan data
  • Aksesibilitas ke sistem berbasis computer
  • Mempercepat proses
  • Memberikan kemudahan (ringkas)

 

Dibalik Manfaat, Pasti Ada Kekurangan, Apa Saja Kekurangan Total Station?

  • Adanya ketergantungan terhadap sumber tegangan
  • Ketergantungan akan kemampuan sumber daya manusia yang ada
  • Biayanya lebih mahal daripada alat konvensional biasa

 

Pekerjaan yang Menggunakan Total Station ?

Pada saat ini total station banyak di gunakan didalam beberapa pekerjaan, antara lain:

  • Survey Tambang
  • Survei Kadastral
  • Survei Rekayasa
  • Skala Survey Besar
  • Jalan /rel/Canal Survei
  • Detail Topografi
  • Kontruksi

 

Cara Pemeliharaan Total Station ?

Total Station tentunya sangat perlu dirawat dan dipelihara sebagaimana mestinya sebuah alat elektronik. dikenal dengan harga yang tidak murah, Total Station perlu dirawat dengan perawatan dari pemilik Total Station sebagai berikut:

  • Bersihkan kelembaban sepenuhnya jika instrumen menjadi basah selama pekerjaan survey.
  • Selalu bersihkan instrumen sebelum mengembalikannya ke kasing. Lensa memerlukan perawatan khusus. Pertama, bersihkan dengan kain lensa untuk menghilangkan partikel kecil. Kemudian setelah memberikan sedikit kondensasi dengan menghirup lensa, bersihkan dengan kain silikon.
  • Jika tampilannya kotor, bersihkan dengan kain kering yang lembut. Untuk membersihkan bagian lain dari instrumen, basahi kain lembut dengan larutan deterjen ringan. Peras air berlebih hingga kain sedikit lembab, lalu usap permukaan unit dengan hati-hati. Jangan gunakan larutan pembersih alkali, alkohol, atau pelarut organik lainnya pada instrumen atau layar.
  • Simpan instrumen di ruangan kering yang suhunya relatif konstan.
  • Periksa tripod apakah sekrup longgar.
  • Jika ada masalah pada bagian yang dapat diputar, sekrup atau bagian optik (mis. Lensa), hubungi dealer setempat Anda.
  • Bila instrumen tidak digunakan dalam waktu lama, periksa setidaknya 3 bulan sekali.
  • Saat mengeluarkan instrumen dari tas box, jangan menariknya dengan paksa. box instrument yang kosong harus ditutup untuk melindunginya dari kelembaban.
  • Periksa instrumen untuk penyesuaian yang tepat secara berkala untuk menjaga akurasi instrumen.

 

Bagaimana Cara Mengoperasikan Total Station yang Aman ?

Untuk penggunaan yang aman pada produk dan pencegahan cedera pada operator dan orang lain serta pencegahan kerusakan property dan item yang harus diperhatikan secara umum:

Peringatan

  • Jangan menggunakan unit ini di area yang terkena debu atau abu dalam jumlah besar, di area dengan ventilasi yang tidak memadai, atau di dekat bahan yang mudah terbakar. Sebuah ledakan bisa terjadi.
  • Jangan melakukan pembongkaran atau pembangunan kembali. Kebakaran, sengatan listrik, terbakar, atau paparan radiasi berbahaya dapat terjadi.
  • Jangan pernah melihat matahari melalui teleskop. Kehilangan penglihatan bisa terjadi.
  • Jangan melihat sinar matahari yang dipantulkan dari prisma atau objek pemantulan lain melalui teleskop. Kehilangan penglihatan bisa terjadi.
  • Melihat langsung matahari selama pengamatan matahari akan menyebabkan hilangnya penglihatan. Gunakan filter matahari (opsi) untuk pengamatan matahari.
  • Saat mengamankan instrumen dalam tas jinjing pastikan untuk mengatur semua kunci. Kegagalan untuk melakukannya dapat menyebabkan instrumen terjatuh saat dibawa, menyebabkan cedera.

Perhatian

  • Jangan gunakan tas jinjing sebagai tumpuan kaki. Kasingnya licin dan tidak stabil sehingga seseorang bisa terpeleset dan jatuh.
  • Jangan letakkan instrumen di kasing yang rusak atau di kasing yang rusak. Kasing atau instrumen dapat jatuh dan menyebabkan cedera.
  • Jangan memegang atau melempar bob yang lurus. Seseorang bisa terluka jika dipukul.
  • Pegangan aman ke unit utama. Kegagalan untuk mengamankan pegangan dapat menyebabkan unit terjatuh saat dibawa, menyebabkan cedera.
  • Kencangkan penjepit tribrach penyesuaian dengan aman. Kegagalan untuk mengamankan penjepit dengan benar dapat menyebabkan remah jatuh saat dibawa, menyebabkan cedera.

Pemesanan dan mengetahui harga anda bisa menghubungi kontak dibawah ini

  • Indosurta Tangerang/Jakarta 0853-1204-2324  atau 021-5315-8019 (Kantor Pusat)
  • Indosurta Balikpapan 0853-4826-9595 (Ripan)
  • Indosurta Makassar 0821-5535-5433 (Aan)
  • Indosurta Batam 0853-7418-2645 (Irfan)
  • Indosurta Surabaya 0812-2652-2324 (Satria)
  • Indosurta Palembang 0823-7508-9398 (Tedi)
  • Indosurta Medan/Aceh 0813-9692-2569 (Rizky)
  • Indosurta Manado 0852-4293-3336 (Roni)
  • Indosurta Cikarang 0852-1351-0546 (Ramdhan)
  • Indosurta Semarang 0813-1835-2259 (Iyus)
  • Indosurta Banjarmasin 0852-1036-8569 (Saepul)
  • Indosurta Kendari 0822-1139-1041 (Sandi)

Untuk minta di buatkan penawaran harga bisa lewat Email di bawah ini

  • Indosurta Tangerang/Jakarta (info@indosurta.co.id) Kantor Pusat
  • Indosurta Balikpapan  (indosurtabppn@gmail.com)
  • Indosurta Makassar (indosurtamakasar@gmail.com)
  • Indosurta Batam (indosurtabatam@gmail.com)
  • Indosurta Surabaya (indosurta1.surabaya@gmail.com)
  • Indosurta Palembang (indosurtaplm@gmail.com)
  • Indosurta Medan/Aceh (indosurtamedan@gmail.com)
  • Indosurta Manado (indosurtamanado@gmail.com)
  • Indosurta Cikarang (indosurtacikarang@gmail.com)
  • Indosurta Semarang (indosurtasemarang@gmail.com)
  • Indosurta Banjarmasin (indosurtabanjarmasin@gmail.com)
  • Indosurta Kendari (indosurtakendari@gmail.com)

 

Baca juga : Theodolite – Definisi, Jenis dan Rumus

 

Referensi :

  • Gophi, S., Sathikumar, R., dan Madhu, N. 2018. Advanced Surveying, Total Station, GPS, GIS, and Remote Sensing. Pearson India Education Services Pvt. Ltd
  • Manual Book Total Station Sokkia IM52, Total Station Leica TS03, Total Station Topcon GM52, Total Station Gowin TKS-202
  • Nikon Museum, Tokyo, Jepang
  • Pinterest – Surveying Equipment

 

error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!