Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Alat survei yang digunakan ketika survey Laut Hidrografi

18 Juli 2023 - Kategori Blog

Halo sobat survey, kembali lagi dengan artikel indosurta. Kali ini kita akan membahas tentang alat survei yang biasa digunakan untuk survey hidrografi beserta fungsinya.

Tapi sebelum itu, kalian udah tau belum survey hidrografi itu apa?

 LIHAT JUGA : Framework Shifting pada Pengukuran GNSS atau GPS Geodetik

Apa itu Survey Hidrografi?

Jadi, survei hidrografi adalah pengumpulan data tentang fitur fisik dan karakteristik lautan, sungai, danau, dan lingkungan akuatik lainnya.

Survei hidrografi ini memainkan peran penting dalam memetakan dan memahami perairan di dunia.

Nah dalam mengumpulkan data tentang lautan, survey hidrografi membutuhkan beberapa alat survey, nah ini dia beberapa alat survey yang digunakan untuk survey hidrografi :

 

1. Multibeam Echo Sounders (MBES)

Multibeam echo sounder adalah alat dasar dalam survei hidrografi. Alat ini menggunakan transduser yang memancarkan beberapa sinar sonar secara bersamaan, MBES ini memiliki cakupan yang luas dan pengukuran kedalaman yang tepat.

Sistem MBES menyediakan data batimetri yang detail dan terperinci dengan mengukur waktu yang dibutuhkan gelombang suara untuk melakukan perjalanan ke dasar laut dan kembali.

Informasi ini digunakan untuk membantu surveyor dalam membuat peta topografi bawah air yang akurat, mengidentifikasi bahaya terendam, dan menilai karakteristik sedimen.

2. Side-Scan Sonar (SSS)

Side Scan Sonar adalah alat yang menggunakan teknologi sonar untuk menghasilkan gambar detail dari dasar laut, memberikan representasi visual dari lingkungan bawah laut.

Sistem SSS memancarkan pulsa sonar ke samping dan menangkap gema yang dipantulkan dari dasar laut.

Nah dengan menganalisis gema ini, seorang hidrografer dapat mengidentifikasi benda yang terendam, bangkai kapal, vegetasi, dan fitur geologi, membantu pemetaan habitat dan penyelidikan arkeologi.

3. Sistem Satelit Navigasi Global (GNSS)

GNSS juga berperan penting dalam survey hidrografi loh sobat survey. GNSS digunakan untuk penentuan posisi yang akurat selama survei hidrografi. Receiver GNSS menggunakan sinyal dari satelit untuk menentukan lokasi yang tepat di Bumi.

Menggabungkan GNSS dengan peralatan survei hidrografi lainnya dapat memungkinkan surveyor untuk secara akurat melakukan georeferencing untuk data pemetaan mereka, dan juga dapat memfasilitasi pembuatan product geospasial yang andal, tepat dan akurat dan dapt diintegrasikan dengan data lainnya.

 

4. Sistem Navigasi Inersial (INS)

Sistem Navigasi Inersial sering digunakan bersama dengan GNSS untuk meningkatkan data posisi dan orientasi. Sistem ini menggunakan akselerometer dan giroskop untuk mengukur pergerakan dan rotasi kapal, dan mengkompensasi keterbatasan GNSS di area dengan visibilitas satelit yang buruk.

INS membantu memastikan keakuratan data survei, terutama dalam kondisi yang menantang, seperti laut yang kasar atau saat beroperasi di daerah terpencil.

 

5. Software Survei Hidrografi

Software khusus survei hidrografi juga tentunya memiliki peran penting dalam analisis dan pemrosesan data hasil survei hidrografi. Software ini digunakan untuk visualisasi data, kontrol kualitas, pengeditan data, dan produksi bagan.

Dengan software-software hidrografi ini dapat membantu surveyor untuk menggabungkan, menafsirkan, dan memvalidasi data dari berbagai sensor, dan juga membantu dalam pembuatan bagan dan laporan hidrografi yang akurat dan komprehensif.

Contoh software survei hidrografi yang biasa digunakan oleh surveyor yaitu HYPACK.

 LIHAT JUGA : 7 Software yang wajib dikuasai Surveyor

Nah itu dia alat-alat survei yang biasa digunakan untuk survei survei hidrografi. Dengan memanfaatkan alat-alat survey dengan teknologi canggih ini, memungkinkan hidrografer dapat mengumpulkan data yang akurat, menghasilkan peta terperinci, dan dapat berkontribusi pada navigasi yang lebih aman, manajemen lingkungan, dan penelitian ilmiah di ekosistem perairan.

Semoga dengan membaca artikel indosurta ini kalian jadi lebih paham dan lebih tertarik dengan bidang geodesi ya. Jangan lupa baca artikel indosurta lainnya. Semoga bermanfaat!

 

Sumber :

Multibeam Echosounder, Sidescan Sonar, Sistem Navigasi Inersial, Surveyor Hidrografi, Surveyor Laut

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!