Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

7 Software yang Wajib dikuasai Surveyor

10 Februari 2022 - Kategori Blog

SOftware Wajib Surveyor

Jaman sekarang semua hal sudah terintegrasi oleh teknologi, dunia surveyor juga tak luput dari perkembangan teknologi. Banyak hal yang tadinya masih menggunakan pulpen, pensil dan kertas sekarang menjadi tablet dan laptop untuk kebutuhan survey.

Dengan menggunakan teknologi, proses survey bisa lebih cepat dan efisien, jadi sobat survey gak boleh gagap teknologi dan harus mulai membiasakan menggunakan software software ini. Karena dengan menguasai software ini, sobat survey akan memiliki nilai yang sama dengan surveyor lainnya di industri. Berikut 6 Software yang Wajib dikuasai Surveyor


LIHAT JUGA : Tugas dan Kompetensi Surveyor Tanah Topografi


 

AutoCAD

AutoCAD menjadi salah satu software yang wajib dikuasai, karena software ini memiliki fungsi yang sangat banyak. Salah satunya untuk mengetahui koordinat desain bangunan yang akan di stake out, mulai dari koordinat piling, as bangunan dan lain sebagainya. Cara mempelajari software ini bisa dengan cara belajar sendiri atau mengikuti kursus untuk software ini.

 

Microsoft Office

Baik Word dan Excel menjadi software wajib dikuasai oleh surveyor, karena dengan software ini sobat survey bisa membuat laporan dan mengolah data hasil survey.

 

AutoCAD Civil 3D

AutoCAD Civil 3D memiliki fungsi yang hampir sama dengan AutoCad, AutoCAD Civil 3D memiliki banyak fungsi. Salah satunya untuk mendesain perencanaan geometrik jalan yang memiliki hasil output berupa gambar rencana dari perencanaan geometrik jalan.

 

ArcGIS

Software ArcGIS memiliki fungsi membuat peta 2 dimensi dan 3 dimensi. Software ini digunakan oleh survey pemetaan, seperti survey kadasteral, survey tambang, survey perkebunan dan lainya. Software ini mampu membuat peta baik 2 dimensi maupun 3 dimensi lengkap dengan analisa database dengan istilah data tabular.

 

Surpac

Surpac adalah software yang biasa digunakan di sektor pertambangan. Hampir merupakan sebuah persyaratan basic dari para ahli geologi, surveyor, dan insinyur pertambangan. Di bidang/sektor sumber daya lainnya, Surpac cukup fleksibel untuk setiap komoditas, banyak metode yang dapat diterapkan, kemudian kemampuan multibahasa yang memungkinkan perusahaan global memanfaatkannya sebagai solusi umum dalam operasi mereka.

 

Pix4D

Pix4D adalah software pengolah data drone yang mudah digunakan. Pix4D memiliki banyak fungsi seperti rekonstruksi digital yang cukup akurat dan geolokasi setiap titik, dapat menampilkan nilai elevasi setiap piksel dan menghasilkan kontur tanah dalam pemetaan topografi. Untuk menggunakan software ini, sobat survey harus memiliki drone untuk mengambil data nya.

 

HYPACK

HYPACK adalah salah satu software wajib multi fungsi yang digunakan oleh surveyor hidrografi. HYPACK digunakan untuk mengumpulkan data survei hidrografi atau data lingkungan, atau memposisikan kapal dalam proyek rekayasa, HYPACK menyediakan alat yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan . Dengan pengguna mencakup rentang dari kapal kecil dengan hanya GPS dan echosounder sinar tunggal untuk kapal survei besar dengan sensor dan sistem berjaringan.

 

Dari sekian banyak software yang sudah disebutkan diatas, pilih lah software yang sesuai dengan kebutuhan dan minat sobat survey. Sudah pasti jika seorang surveyor memiliki pemahaman yang cukup tentang software ini, dia akan memiliki poin yang lebih ketimbang yang tidak menguasai. Maka dari itu jangan lelah untuk belajar dan semoga membantu ya dan jangan lupa baca artikel Indosurta lain nya ya!

 

Sumber: Surveyor Jatim | Technical Support Indosurta |

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!