Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Cara menggunakan Total Station Topcon GM52

04 Januari 2023 - Kategori Blog

 LIHAT JUGA : Katalog Alat Survey Total Station

Halo sobat survey. Total station merupakan alat ukur /  alat survey yang sering kali digunakan oleh para surveyor topografi karena mampu menyelesaikan pengukuran dengan cepat dan akurat.

Namun kalian sudah tau belum pengertian dan cara menggunakan total station? Yuk kita bahas, sebagai contoh kita akan membahas total station dari Topcon dengan seri GM-52.

 

Pengertian dan Fungsi Total Station

Total station adalah sebuah instrumen alat elektronik yang digunakan untuk mengukur jarak yang mampu membaca dan mencatat sudut vertical dan horizontal hanya dalam hitungan detik.

Total station berfungsi untuk pengukuran jarak, pengukuran sudut, pengukuran koordinat. Pengukuran tersebut dapat di selesaikan dengan cepat dan akurat oleh total station Topcon GM-52.

Namun sebagai seorang surveyor harus mengerti teknik cara menggunakan total station tersebut, agar dapat mengoperasikan dengan benar. Berikut penjelasan cara menggunakan total station Topcon GM-52.

 

Cara Menggunakan Total Station Topcon GM-52

  1. Dirikan tripod tepat diatas titik BM (Benchmark).
  2. Pasang total station Topcon GM-52 di tripod dan kunci skrupnya.
  3. Setel sekrup 2 kaki tripod, arahkan optical plummet ke target tepat diatas titik BM (Benchmark), lalu setel sekrup levelingnya agar target optical plummet lebih presisi terhadap titik BM (Benchmark).
  4. Centering nivo kotak dengan menaik turunkan kaki tripod hingga gelembung berada di dalam circular level.
  5. Centering nivo tabung digital cukup dengan menyetel skrup leveling, perlu diingat bahwa nilai toleransi X dan Y centering nivo tabung digital adalah sekitar kurang lebih 5 detik.
  6. Cek lagi optical plummet untuk memastikan kalau posisi masih berada di titik BM (Benchmark).
  7. Jika centering sudah di lakukan, Silahkan buat job baru dengan memilih Top Field, pilih Job, pilih create new job, masukan nama job sesuai dengan kebutuhan, lalu tekan tombol enter.
  8. Jika sudah membuat job, tekan tombol ESC untuk kembali, lalu masuk ke menu data collect untuk mengatur job seperti koordinat, backsight, dan layout.
  9. Jika semua cara sudah di lakukan, maka selanjutnya alat siap digunakan untuk mengukur.

 

Itu lah penjelasan mengenai pengertian dan cara menggunakan total station Topcon GM-52. Selain untuk ilmu pengetahuan dasar, tetapi berguna juga untuk seorang surveyor topografi agar pengoperasian alat nya menjadi lancar. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel Indosurta lainnya ya.

 

Sumber:

Youtube Indosurta Group

Agen Total Station Topcon BSD City, Topcon GM52, Tutorial Alat Survey, Tutorial Total Station

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!