Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Mengenal Fungsi Klinometer Suunto PM5 Beserta Penjelasannya

18 Januari 2023 - Kategori Blog

Halo sobat survey, selamat datang di artikel Indosurta. Klinometer Suunto PM5 mungkin bagi sebagian orang sudah ada yang mengetahui mengenai alat ini. Akan tetapi sebagian orang yang baru masuk ke dunia survey mungkin tidak mengetahui tentang alat tersebut. Alat Klinometer Suunto PM5 sering kali digunakan oleh seseorang untuk mengukur ketinggian bangunan maupun objek lainnya dengan mudah dan praktis.

 LIHAT JUGA : Perbedaan Survey Topografi Dengan Survey Batimetri

Untuk kamu yang tertarik dengan artikel ini, silahkan dibaca artikel sampai tuntas ya. Pada kesempatan ini kita akan membahas Alat Klinometer Suunto PM5 supaya lebih mengenal pengertian serta fungsi Klinometer Suunto PM5. Untuk pembahasannya sebagai berikut.

 

Klinometer Suunto PM5

Klinometer Suunto PM5 adalah suatu alat ukur yang sering kali digunakan menentukan atau mengukur ketinggian (panjang) sebuah objek dengan mengukur sudut kemiringan / elevasi antara garis datar dengan garis yang menghubungkan titik pada garis datar dengan garis puncak objek yang ingin di ukur dengan mudah dan praktis. Alat ini memiliki beberapa fungsi, antara lain.

 

Fungsi Klinometer Suunto PM5

Secara tidak langsung fungsi Klinometer Suunto PM5 ialah untuk mengukur tinggi objek dengan menentukan besaran sudut elevasi. Alat ini sering kali digunakan untuk mengukur tinggi tiang, tinggi bangunan, tinggi pohon dan benda / objek lainnya secara praktis.

Klinometer Suunto PM5 digunakan oleh surveyor, geolog, pembuat peta, rimbawan, insinyur, arsitek, dan pekerja tambang dari seluruh dunia. Alat ini dapat diandalkan karena mudah digunakan dan praktis untuk di bawa kemana – mana.

Di dalam Klinometer Suunto PM5 terdapat roda dengan tampilan skala yang berputar bebas. Skala tersebut terbagi 2 macam, yaitu pada bagian kanan terdapat skala persen dan bagian kiri terdapat skala derajat.

Mengenal Fungsi Klinometer Suunto PM5 Beserta Penjelasannya - Garis Rambut Pada Ilusi Optik

Cara Menggunakan Klinometer Suunto PM5 yaitu dengan menggunakan kedua mata kita. 1 mata melihat ke lensa Klinometer dan 1 mata melihat ke target objek yang ingin diukur. Maka dengan kedua penglihatan tersebut kita akan bisa menggabungkan bacaan skala dengan objek yang diukur.

 LIHAT JUGA : Kumpulan Brosur Alat Survey dan Pemetaan Topografi

Gimana sobat survey, sampai sini jadi paham kan mengenai fungsi Klinometer Suunto PM5. Ilmu dasar ini sangat penting untuk anda yang baru saja masuk ke dunia survey. Semoga bermanfaat  dan jangan lupa baca artikel Indosurta lainnya ya.

 

Sumber:

ilmugeografi.com,

nadibogorterestis.blogspot.com

Cara Baca Klinometer, Fungsi Klinometer, Klinometer Jepang Suunto, Membaca Klinometer

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!