Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Peran Penting GPS dalam Dunia Penerbangan Aeronautika

24 Agustus 2023 - Kategori Blog

Halo sobat survey, kembali lagi dengan artikel Indosurta. Dalam bidang penerbangan, memetakan jalur terbang pesawat di langit secara akurat adalah hal yang terpenting. Dalam beberapa dekade, kemajuan teknologi telah merevolusi cara pesawat melintasi dunia. Nah dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang peran GPS dalam dunia penerbangan, so simak artikel ini hingga akhir ya sobat survey!

Di antara kemajuan tersebut, teknologi Global Positioning System (GPS) memiliki peran terbesar dalam merubah dunia penerbangan. Dari meningkatkan keselamatan hingga mengoptimalkan efisiensi rute, peran GPS dalam penerbangan sangatlah beragam.

LIHAT JUGA : Apa itu Jamming dan Spoofing? apa pengaruhnya untuk pengukuran GPS?

Evolusi Navigasi

Sebelum adanya teknologi GPS, pesawat mengandalkan metode navigasi tradisional seperti radio, sistem navigasi inersia, dan landmark visual. Metode-metode ini cukup efektif untuk penerbangan, akan tetapi memiliki beberapa keterbatasan dalam hal akurasi, cakupan, dan kompleksitas.

Kemudian muncul teknologi GPS, dimana awalnya teknologi ini dikembangkan oleh Departemen Pertahanan AS untuk penggunaan militer yang pada akhirnya membawa perubahan besar dalam navigasi penerbangan.

 

Tingkat Presisi dan Akurasi untuk menentukan posisi pesawat

Hal terpenting yang dimiliki GPS untuk dunia penerbangan yaitu tingkat presisi dan akurasinya yang tak tertandingi. Penerima GPS di pesawat dapat menentukan posisi mereka dengan akurasi beberapa meter, dimana hal ini memungkinkan pilot untuk menentukan lokasi mereka dengan pasti.

Keakuratan ini sangat penting selama fase kritis penerbangan, seperti lepas landas, mendarat, dan menavigasi melalui wilayah udara yang padat.

 

Informasi posisi yang real-time untuk meningkatkan keselamatan

Keselamatan adalah yang terpenting dalam penerbangan, dan GPS memainkan peran penting dalam meningkatkannya. Informasi waktu nyata/real-time yang disediakan oleh GPS memungkinkan pilot dan pengawas lalu lintas udara untuk memantau posisi pesawat secara terus menerus.

Hal ini tentunya sangat membantu dalam mencegah tabrakan di udara, menjaga jarak pemisahan yang aman, dan menghindari kondisi cuaca yang berbahaya. Dalam keadaan darurat, GPS juga dapat memfasilitasi operasi pencarian dan penyelamatan yang cepat dan akurat.

 

Efisiensi dan Penghematan Biaya Penerbangan

Dengan adanya teknologi GPS ini dapat memungkinkan maskapai untuk mengoptimalkan rute penerbangan berdasarkan data real-time, memanfaatkan pola angin yang paling menguntungkan, dan meminimalkan konsumsi bahan bakar.

Hal ini tidak hanya mengurangi biaya operasional tetapi juga berdampak positif terhadap lingkungan dengan meminimalkan emisi karbon lho sobat survey.

 

Dapat melakukan Navigasi di Lingkungan yang ‘menantang’

Teknologi GPS telah terbukti menjadi pengubah permainan untuk navigasi di lingkungan yang menantang. Pesawat yang terbang di atas lautan luas, daerah kutub, atau daerah terpencil dengan alat bantu navigasi berbasis darat yang terbatas sangat bergantung pada GPS.

Dengan bantuan teknologi GPS ini memungkinkan pilot untuk tetap terbang di jalur atau arah yang akurat, bahkan di daerah di mana alat bantu navigasi tradisional langka.

 

Seiring perkembangan teknologi, peran GPS dalam penerbangan pastinya dapat berkembang lebih jauh. Kumpulan satelit tingkat lanjut, seperti Galileo dan BeiDou, saat ini dapat menyediakan jangkauan global yang lebih luas dan akurasi yang lebih tinggi.

Namun, tantangan seperti gangguan sinyal, ancaman dunia maya, dan menjaga integritas sistem GPS tetap menjadi perhatian yang perlu ditangani untuk memastikan keandalan GPS yang berkelanjutan dalam penerbangan.

 

Kesimpulan

Dengan teknologi GPS dalam dunia penerbangan saat ini dapat meningkatkan keamanan dan efisiensi hingga mengaktifkan navigasi di lingkungan yang menantang, peran GPS dalam penerbangan sangat diperlukan.

Jadi seperti yang kita ketahui bersama bahwa ternyata GPS saat ini memiliki peran yang sangat besar dalam dunia penerbangan, akan tetapi bukan berarti teknologi GPS dalam dunia penerbangan ini tidak memiliki ancaman.

LIHAT JUGA : Berapa lama masa periode Kalibrasi Alat Survey Pemetaan Topografi?

Nah itu dia sobat survey peran penting GPS dalam dunia penerbangan. Jangan lupa baca artikel Indosurta lainnya juga ya, semoga bermanfaat!

 

Sumber :

https://www.gps.gov/applications/aviation/

https://www.geospatialworld.net/article/role-of-gps-in-navigation-fleet-management-and-other-location-based-services/

https://www.aircraftsystemstech.com/2017/05/global-positioning-system-gps.html

Akurasi GPS, Evolusi Sistem Navigasi, GNSS untuk Keselamatan, GNSS untuk Penerbangan, GPS Geodetik dalam Keselamatan Nyawa, GPS Pesawat Terbang, GPS untuk Penerbangan

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!