Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Apa itu Jamming dan Spoofing? apa pengaruhnya untuk pengukuran GPS?

16 Agustus 2023 - Kategori Blog

Halo sobat survey, kembali lagi dengan artikel Indosurta. Kalian sudah pernah dengar tentang jamming atau spoofing GPS belum? Secara garis besar jamming dan spoofing ini merupakan tantangan besar yang harus dihadapi oleh GPS.

Yuk simak artikel kali ini hingga selesai ya, kita akan bahas tuntas tentang jamming dan spoofing serta pengaruh nya dalam pengukuran GPS!

LIHAT JUGA : Peran penting Geodesi dan Satelit Altimetri dalam Pemetakan Lautan Bumi

Apa itu Jamming?

Beginilah Cara Kerja Jamming Sinyal GPS - Apa itu Jamming dan Spoofingdan apa pengaruhnya untuk pengukuran GPS - Artikel Geodesi Pemetaan Survey Indosurta Group.png

Sumber : INTERTANKO, 2019

Pengertian Jamming yaitu melibatkan transmisi yang disengaja dari sinyal frekuensi radio pada frekuensi yang sama dengan sinyal GPS, dengan tujuan untuk mengalahkan dan mengganggu sinyal GPS yang diterima oleh perangkat navigasi.

Perangkat jamming memancarkan sinyal gangguan berkekuatan tinggi yang mengganggu sinyal GPS yang lemah dari satelit, sehingga menyebabkan pembacaan lokasi yang tidak akurat atau bahkan kehilangan sinyal sama sekali.

Perangkat ini dapat digunakan untuk tujuan jahat, seperti mengganggu sistem komunikasi dan navigasi dalam situasi kritis.

 

Apa itu Spoofing?

Beginilah Cara Kerja Spoofing Sinyal GPS - Apa itu Jamming dan Spoofingdan apa pengaruhnya untuk pengukuran GPS - Artikel Geodesi Pemetaan Survey Indosurta Group.png

Sumber : INTERTANKO, 2019

Pengertian Spoofing adalah serangan yang lebih canggih yang melibatkan pembangkitan sinyal GPS palsu untuk menipu sistem navigasi. Serangan spoofing ini bertujuan untuk memanipulasi penerima dengan mengirimkan sinyal palsu yang tampak asli dan lebih kuat dari sinyal satelit asli. Akibatnya, penerima menghitung posisinya berdasarkan sinyal palsu, yang menyebabkan informasi lokasi tidak akurat.

 

Dampak pada Pengukuran GPS

Jamming dan spoofing memiliki efek signifikan pada akurasi pengukuran GPS, beberapa dampak yang diakibatkan oleh jamming dan spoofing pada pengukuran GPS :

    1. Degradasi Akurasi: Jamming menyebabkan gangguan sinyal, sehingga hilangnya akurasi dan presisi dalam pengukuran GPS. Sistem navigasi mungkin memberikan data lokasi yang salah atau bahkan tidak mengirimkan data sama sekali, yang akan berpotensi membahayakan jiwa dan harta benda dalam skenario kritis seperti penerbangan, navigasi maritim, dan layanan darurat.
    1. Informasi menyesatkan: Serangan spoofing dapat memberikan informasi pemosisian yang salah kepada penerima, menyesatkan pengguna. Dengan memanipulasi pengukuran GPS, pelaku jahat dapat mengalihkan kendaraan, menyesatkan kapal, atau menyebabkan tabrakan drone. Kerentanan ini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan kriminal atau bahkan terorisme.
    1. Kekhawatiran Keamanan Siber: karena ketergantungan yang tinggi pada GPS dalam infrastruktur penting, seperti jaringan listrik dan sistem keuangan, membuat hal ini rentan terhadap serangan jamming dan spoofing. Serangan-serangan ini dapat mengganggu operasi, membahayakan keamanan, dan menyebabkan kerugian ekonomi.
    1. Tanggapan Tertunda: Dalam situasi darurat, ketidakmampuan untuk secara akurat menentukan lokasi seseorang karena gangguan atau spoofing dapat menunda waktu tanggap darurat dan menghambat upaya penyelamatan.
    1. Implikasi Privasi: Dengan maraknya layanan berbasis lokasi, privasi pribadi saat ini menjadi perhatian banyak pihak. Serangan jamming dan spoofing dapat membahayakan privasi individu dengan mengungkapkan lokasi seseorang atau memberikan informasi palsu tentang keberadaan nya.

Cara Penanggulangan Spoofing & Jamming

Upaya yang sedang dilakukan untuk menanggulangi bahaya dan efek dari jamming dan spoofing, diantaranya yaitu:

  1. Penyaringan Sinyal dan Otentikasi: Dengan menerapkan teknik pemfilteran sinyal tingkat lanjut dapat membantu mengidentifikasi dan menyaring sinyal gangguan. Selain itu, mekanisme autentikasi penerima juga dapat digunakan untuk memastikan keabsahan sinyal GPS yang masuk.
  1. Beberapa Sumber Sinyal: Kamu bisa menggabungkan sinyal dari beberapa konstelasi satelit (mis., GPS, GLONASS, Galileo) agar dapat meningkatkan ketahanan sistem navigasi terhadap serangan jamming dan spoofing.
  1. Analisis algoritme: Mengembangkan algoritme yang menganalisis sinyal masuk sehingga dapat membantu mengidentifikasi potensi upaya spoofing dengan mendeteksi anomali dalam karakteristik sinyal.

 

LIHAT JUGA : Apa itu Inertial Navigation System (INS)?

Nah itu dia sobat survey, jadi jamming dan spoofing ini cukup memiliki efek yang membahayakan di beberapa kasus kritis.

Semoga dengan membaca artikel ini kamu jadi lebih paham dan lebih waspada terhadap serangan jamming dan spoofing ya sobat survey. Jangan lupa baca artikel Indosurta lainnya juga ya, semoga bermanfaat.

 

Sumber :

https://www.academia.edu/11884316/survei_gps

https://www.mobatime.com/id/artikel/kemacetan/

https://www.maritimeglobalsecurity.org/media/1043/2019-jamming-spoofing-of-gnss.pdf

 

Dampak Jamming, Dampak Spoofing, Degradasi Akurasi GPS, Delay GPS, Informasi sesat GPS, Jamming, Jamming GPS, Keamanan Siber GPS, Spoofing, Spoofing GPS, Tanggapan Tertunda GPS

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!