Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Jurusan Teknik Geodesi, Apa Saja Sih Yang Harus di Siapkan?

13 Januari 2023 - Kategori Blog

Halo sobat survey, kembali lagi di artikel Indosurta. Kalian pernah mendengar belum tentang jurusan Teknik Geodesi? Yup, itu loh ilmu yang mempelajari tentang pengukuran dan proses pembuatan peta.

Setiap orang yang ingin masuk Teknik Geodesi di tuntut harus bisa menguasai metode pengolahan, penyajian, akuisisi data, dan analisis.

Namun diantara semua pengalaman sekolah yang sudah kita jalani dan dipelajari, apa saja sih yang harus disiapkan ketika ingin masuk Teknik Geodesi? Pembahasan ini banyak di tanyakan dan bicarakan orang karena ingin masuk ke jurusan tersebut, berikut penjelasannya.

 LIHAT JUGA : Pengukuran Pergeseran Lempeng Tektonik Dalam Geodesi

Persiapan Masuk Teknik Geodesi

Untuk masuk ke Teknik Geodesi kita harus paham matematika, karena sebagian besar pelajaran tidak jauh dari matematika. Contohnya seperti pelajaran Matematika Geodesi.

Matematika Geodesi adalah ilmu matematika yang digunakan untuk menentukan letak yang pasti dari permukaan bumi dengan melakukan pengukuran, pengamatan dan menentukan luas sebagian besar dari permukaan bumi dan bentuk bumi.

Fisik yang kuat juga harus disiapkan, karena Teknik Geodesi melakukan kegiatan di lapangan untuk survey. Contoh nya seperti survey terestris, survey rekayasa, survey GNSS, dan survey hidrografi. Mereka sering kali praktek langsung dilapangan dibawah teriknya sinar matahari. Jadi itu alasan mengapa harus mempunyai fisik yang kuat.

Selain fisik, untuk masuk Teknik Geodesi juga harus mempunyai mental yang kuat. Hal ini dikarenakan akan banyak ditemui praktek langsung di lapangan seperti survey ke laut, survey ke danau, survey ke sungai atau alam bebas lainnya.

Lihai dalam menggunakan komputer dan aplikasi serupa, merupakan hal yang wajib dimiliki oleh seorang yang ingin masuk Teknik Geodesi. Teknik Geodesi terdapat pelajaran Grafika Komputer.

Grafika Komputer adalah suatu teknik dalam ilmu matematika dan komputer digunakan untuk memanipulasi data gambar dengan komputer. Hasil dari Grafika Komputer dapat berupa visual 2D dan 3D.

 

Prospek Kerja Teknik Geodesi

Selain menanyakan persiapan masuk Teknik Geodesi, orang – orang juga sering menanyakan bagaimana dengan prospek kerja Teknik Geodesi? Berikut Bidang Kerja Lulusan Teknik Geodesi:

  1. Lembaga Pemerintahan : Badan Pertahanan Nasional, Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional, Lembaga Penerbangan dan Antarika Nasional, Dapartemen Kehutanan, Dapartemen Pertambangan, Dapartemen Perhubungan, Bappeda, Kimpraswil.
  2. Swasta : Project konstruksi, pertambangan, dan konsultan pemetaan.
  3. Dosen
  4. Perusahaann Kontraktor

 LIHAT JUGA : Kumpulan Brosur Alat Survey dan Pemetaan Topografi

Nah jadi itu penjelasan mengenai persiapan masuk jurusan Teknik Geodesi serta prospek kerjanya. Sekarang kalian jadi paham kan mengenai jurusan ini? Semoga bermanfaat buat kalian ya, dan jangan lupa baca artikel Indosurta lainnya.

Sumber :

  • id.quora.com – Diskusi Mahasiswa UGM,
  • Fakultas Teknik UGM,
  • Institut Teknologi Bandung

Calon Surveyor, Jurusan Geodesi, Persiapan Teknik Geodesi, Syarat Surveyor, teknik geodesi

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!