Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Tahapan Pemetaan Menggunakan Drone

11 Mei 2022 - Kategori Blog

pemetaan drone

Halo sobat survey, pemetaan drone sudah menjadi salah satu cara dalam pemetaan, karena pemetaan drone memiliki efisiensi yang tinggi. Yuk simak lebih lengkap Tahapan Pemetaan Menggunakan Drone

Tahapan 1: Perencanaan Terbang

Perencanaan terbang adalah mempersiapkan peralatan serta teknis penerbangan yang dilakukan termasuk batas serta ketinggian terbangnya.

Tahapan 2: Pemasangan Ground Control Point (GCP)

Pemasangan GCP memiliki tujuan untuk meningkat akurasi pengukuran dalam pemetaan menggunakan drone. GCP biasanya terbuat dari penanda kayu atau alumunium dengan warna cerah dan ukuran yang cukup besar agar terlihat dari ketinggian.

LIHAT JUGA : Pengertian Metode RTK beserta Aplikasi dan Kelebihannya

 

Tahapan 3: Akuisisi Data

Pada tahap ini, drone terbang dan siap mengambil data yang sudah di tentukan saat perencanaan terbang. Kehandalan pilot dalam membaca kondisi dan situasi sangat dibutuhkan.

Tahapan 4: Pengolahan Data

Tahap pengolahan data image dan pre-mark GCP menggunakan software. Software yang umum digunakan Agisoft dan Pix4D

Tahapan 5: Output & Layouting

Ini adalah proses terakhir yang bertujuan untuk mengolah data hasil pemetaan untuk digunakan di format lain atau disajikan dalam bentuk peta yang mengandung suatu informasi tertentu.

Demikian artikel tentang tahapan pemetaan menggunakan drone, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel indosurta lainnya ya!

Sumber: liupurnomo

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!