Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Cara Centering Total Station dengan Mudah Menggunakan Laser Plummet

20 Februari 2023 - Kategori Blog

Halo sobat survey, kembali lagi dengan artikel Indosurta. Di dalam dunia survey pemetaan banyak sekali alat survey dengan berbagai macam fitur – fitur canggih, contohnya seperti Total Station yang dilengkapi dengan fitur laser plummet untuk memudahkan proses centering.

 LIHAT JUGA : Peran Sistem Informasi Geografis (GIS) Dalam Pencegahan Kebakaran Hutan

Namun kalian sudah pada tau belum apa itu laser plummet? Mungkin diantara kalian sudah ada yang mengetahui dan ada juga yang belum mengetahui. Oleh karena itu silahkan disimak artikel nya hingga selesai ya, supaya kalian jadi tambah pengetahuannya. Pada kesempatan ini kita akan membahas centering total station dengan mudah menggunakan laser plummet.

Cara Centering Total Station dengan Mudah Menggunakan Laser Plummet

Apa itu laser plummet?

Laser plummet adalah suatu instrumen yang digunakan untuk memberikan garis vertikal yang sejajar dengan menembakan cahaya tegak lurus ke bawah.

Laser plummet digunakan untuk alat bantu centering Total Station supaya lebih praktis. Cara kerjanya hampir sama dengan optical plummet. Optical plummet dengan cara membidik melalui teropong kecil yang ada disamping alat, sedangkan laser plummet cukup dengan menembakan cahaya laser ke titik pengukuran. Berikut penjelasan cara centering Total Station dengan laser plummet.

 

Cara centering Total Station dengan menggunakan laser plummet

berikut tutorial dan langkah langkahnya bagaimana centering alat survey total station:

  1. Dirikan tripod survey di atas titik pengukuran
  2. Letakan Total Station diatas tripod survey
  3. Lakukan centering dengan cara mengatur tinggi kaki tripod, mengatur skrup tribrach dan menembakan laser plummet hingga tepat di titik pengukuran.
  4. Jika semua sudah dilakukan, maka total station siap untuk pengukuran.

 

Kelebihan centering Total Station dengan laser plummet

Diantara penjelasan diatas tentu saja terdapat kelebihan serta kekurangannya dari fitur tersebut, diantaranya :

Kelebihan

Dengan laser plummet proses centering dapat dengan mudah dilakukan tanpa harus membidik ke titik pengukuran, yaitu cukup menembakan cahaya laser saja ke titik pengukuran.

 

Kekurangan

Ketika melakukan centering di siang hari atau di lokasi yang terang, maka cahaya laser dapat tergantunggu. Oleh karena itu perlu adanya bantuan untuk meredupkan cahaya di lokasi pada saat centering hingga cahaya laser dapat terlihat dengan jelas.

Dari penjelasan diatas hanya dapat dilakukan oleh Total Station yang sudah mengdukung atau dilengkapi dengan fitur laser Plummet saja ya sobat survey. Oleh karena itu tidak semua Total Station mendukung fitur tersebut, karena setiap alat berbeda – beda fiturnya.

 LIHAT JUGA : Kumpulan Brosur Alat Survey dan Pemetaan Topografi

Mungkin pembahasannya cukup sampai disini, mudah – mudahan sobat survey yang tidak tau menjadi tau setelah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa baca artikel Indosurta lainnya ya.

 

Sumber:

www.southinstrument.com

Centering Total Station, Laser Plummet

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!