Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Apa itu Survey Rute?

03 November 2022 - Kategori Blog
survey ruta

Sumber: Bisnis.com

Apa itu Survey Rute?

Survey rute adalah suatu kegiatan dengan tujuan mengumpulan data untuk memberikan informasi mengenai rute.

Rute teresebut biasanya diusulkan untuk menjadi jalur sebuah objek memanjang seperti jalan raya, pipa utilitas atau rel kereta.

Dalam pekerjaan ini, surveyor memiliki tugas untuk mencari rute yang paling efisien untuk pembangunan objek tersebut.

Dalam kondisi lain, survey ini juga bertujuan untuk melakukan pengecekan, apakah jalur yang di rencanakan memiliki hambatan atau kondisi khusus yang harus dihindari.

 

Bagaimana Survey Rute dilakukan?

Insinyur akan menggunakan data dari tim survey untuk merencanakan rute lebih detil dan membuat spesifikasi untuk pekerja lainnya untuk diikuti.

Tim survey bisa menghabiskan waktunya berhari hari atau bahkan berminggu minggu di lapangan, tergantung dari kondisi alam dari projek tersebut seperti medan, cuaca, serta kondisi lainnya.

Dari data dan analisis yang diberikan, tim survey juga dapat memberikan rekomendasi tentang rute dan grading untuk membantu insinyur mempersiapkan rencana.

Saat mereka bekerja, mereka bisa memikirkan kemungkinan masalah yang akan timbul seperti apakah lebih baik untuk melewati atau memutar berbagai aspek lanskap.

Lembah yang dalam mungkin bisa diberikan jembatan agar bisa dilewati sementara pegunungan yang besar sulit dan akan memakan biaya yang besar jika harus membangun terowongan untuk melewatinya serta memerlukan pengalihan rute di sekitarnya.

Grading bisa menjadi topik penting untuk kereta api, karena tanjakan yang sangat curam bisa sangat menyulitkan mesin.

 LIHAT JUGA : Tugas Surveyor dalam Kegiatan Konstruksi

Bagaimana Peran Surveyor terhadap kegiatan Survey Rute?

Surveyor harus mencarikan jalan yang paling efisien. Pengeluaran bisa membengkak begitu cepat ketika membangun jalan, rel dan jalur utilitas, terutama ketika menghadapi rintangan yang cukup sulit seperti bukit, sungai besar dan seterusnya.

Mereka harus memikirkan bahaya geologi seperti patahan yang artinya bisa memberikan ancaman bukan hanya pada saat pekerjaan proyek, namun pada hasil pembangunan kedepannya.

Banyak yang mengandalkan software program atau perangkat lunak untuk membantu mereka mengatur data mereka, karena sejumlah besar material mengalir selama survei rute.

Pemerintah atau perusahaan akan memerintahkan survey rute sekaligus mereka mempersiapkan untuk memperluas daerah layanan mereka di area yang baru.

Surveyor akan bertemu dengan perwakilan dari pemerintah atau perusahaan untuk mendiskusikan rencana seperti jumlah jalur jalan raya atau tipe utilitas yang akan digunakan sekitar daerah tersebut.

Informasi ini sangat penting dalam perencanaan karena surveyor perlu untuk memikirkan parameter dari proyek ini.

Surveyor menggunakan perlengkapan yang sangat bervariasi untuk survey rute untuk mengenal profil dari landskap, menulis catatan dari formasi geologi, garis properti dan fitur lainnya yang perlu di ketahui.

 

Peran masyarakat terhadap kegiatan Survey Rute?

Saat melakukan survey, tim survey akan memberikan marker atau tanda pada rute yang telah disurvey. Tanda ini berfungsi sebagai petunjuk bagi tim pelaksana proyek untuk memulai pekerjaan.

Disisi lain, masyarakat juga harus paham dan mengerti bahwa memindahkan atau merusak penanda survey dapat menyebabkan pinalti yang serius, termasuk denda dan penjara.

Masyarakat yang khawatir tentang rute yang diusulkan biasanya dapat mengajukan keberatan pada berbagai tahap proses perencanaan.

 

Sumber:

  • Google

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!