Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Kelebihan dari GNSS atau GPS Geodetik

22 Juni 2022 - Kategori Blog

Halo sobat survey, kalau lagi di lapangan lebih sering pakai total station atau GPS geodetik nih? Nah kali ini kita mau ngebahas tentang kelebihan dari GNSS atau GPS geodetik. Mungkin sudah banyak orang yang tahu GNSS sebagai alat ukur pemetaan tapi tahu kelebihan dari alat ukur ini? Yuk langsung simak aja penjelasan nya dibawah ini!\

GNSS atau Global Navigation Satellite System adalah teknologi yang digunakan untuk menentukan posisi atau lokasi (lintang, bujut, dan ketinggian) serta waktu dalam satuan meter hingga milimeter. Satelit akan mentransmisikan sinyal radio dengan frekuensi tinggi yang berisi data waktu dan posisi yang dapat diambil oleh penerima yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui lokasi tepat mereka dimanapun di permukaan bumi.

 LIHAT JUGA : Cek Kolimasi di Total Station

 

Kelebihan GNSS atau GPS Geodetik

Tampak Sisi Samping GPS Geodetik Murah Garansi Resmi Hi-Target iRTK 5 - Indosurta Group

Ada beberapa hal yang membuat sebuah metode pengukuran yang menggunakan GPS Geodetik/GNSS memiliki kelebihan dibandingkan dengan metode konvensional, diantaranya :

 

  1. GPS Geodetik dapat digunakan setiap saat tanpa bergantung waktu dan cuaca.
  2. Satelit-satelit GNSS mempunyai ketinggian orbit yang cukup tinggi yaitu sekitar 20.000 km di atas permukaan bumi serta dengan jumlah yang relatif cukup banyak. Hal ini menjadikan GNSS dapat mencakup wilayah yang cukup luas sehingga dapat digunakan oleh banyak orang atau surveyor sekaligus.
  3. Penggunaan GPS Geodetik dalam penentuan sebuah posisi relatif tidak terlalu terpengaruh dengan kondisi topografis daerah survey dibandingkan dengan penggunaan metode terestris.
  4. Posisi yang ditentukan oleh GNSS / GPS Geodetik mengacu ke suatu datum global yang relatif sangat teliti dan mudah direalisasikan, yaitu datum WGS 84.
  5. GNSS dapat memberikan hasil ketelitian posisi yang spektrumnya cukup luas. Dari yang sangat teliti (orde millimeter) sampai orde meter.
  6. Pemakaian sistem GNSS tidak dikenakan biaya sama sekali.
  7. Lebih efisien dalam waktu, dalam biaya operasional, dan tenaga
  8. Celah untuk memanipulasi data pada pengukuran GNSS lebih sulit dibandingkan menggunakan metode terestris
  9. Relatif mudah dipelajari oleh orang awam sekalipun yang belum pernah menggunakan.

Nah itu dia sobat survey kelebihan dari GNSS atau GPS geodetik memang dari segi harga relative cukup mahal dibandingkan total station atau theodolite, tapi kemampuannya pun juga tidak diragukan lagi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel indosurta lainnya ya!

Sumber: Guntara

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!