Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Seberapa Penting Sih Peran Satelit GPS Dalam Dunia Militer?

06 September 2023 - Kategori Blog

Halo Sobat survey, kembali lagi dengan artikel Indosurta. Di era modern ini, teknologi satelit telah menjadi bagian penting dari operasi militer, dengan berbagai kemampuan yang tentunya dapat meningkatkan komunikasi, pengawasan, intelijen, navigasi, dan lainnya.

Satelit sentinel yang dibuat khusus untuk militer ini berfungsi sebagai ‘penjaga keamanan yang senyap’, yang memberikan dukungan vital bagi angkatan bersenjata di seluruh dunia.

Nah di artikel kali ini kita akan membahas tentang beberapa jenis satelit yang digunakan untuk tujuan militer dan peran pentingnya.

LIHAT JUGA : Perbedaan Batimetri dan Hidrografi dalam dunia Survey

Jenis Satelit dan Peran Penting nya Dalam Bidang Militer

1. Satelit untuk Komunikasi

Satelit komunikasi merupakan hal utama dalam pembentukan jaringan komunikasi militer. Dimana dengan satelit komunikasi ini dapat memungkinkan pertukaran informasi yang aman dan cepat antara pusat komando, pasukan, dan aset lainnya.

Satelit sentinel yang dikhusus kan untuk militer ini memastikan komunikasi tanpa gangguan di darat, laut, dan udara, bahkan di area yang terpencil dan ekstrim.

Satelit ini memainkan peran penting dalam mengoordinasikan manuver taktis, menyampaikan perintah, dan memfasilitasi operasi bersama dalam operasi militer.

 

2. Satelit untuk Pengawasan dan Pengintaian

Satelit pengawasan dan pengintaian berfungsi sebagai mata di langit untuk pasukan militer. Dilengkapi dengan kamera beresolusi tinggi, sistem radar, dan sensor lainnya, satelit ini memberikan citra dan intelijen waktu nyata tentang aktivitas musuh, potensi ancaman, dan target strategis.

Satelit ini bisa  membantu memantau pergerakan pasukan, melacak aktivitas maritim, mengidentifikasi instalasi tersembunyi, dan menilai kondisi medan perang.

 

3. Satelit untuk Navigasi

Satelit navigasi, seperti Global Positioning System (GPS), telah mengubah cara navigasi di bidang militer. Mereka menawarkan informasi penentuan posisi, waktu, dan navigasi yang tepat, yang memungkinkan pasukan dan aset untuk secara akurat menentukan lokasi dan merencanakan rute.

Pasukan militer mengandalkan satelit ini untuk memandu pesawat, kendaraan, dan pasukan selama misi, serta memastikan keberhasilan operasional dan meningkatkan keselamatan.

 

4. Satelit Pengintai Fotografis (Photographic Reconnaissance Satellites)

Satelit ini berfungsi untuk mendeteksi, mengidentifikasi dan menunjuk dengan tepat sasaran-sasaran militer musuh. Kemampuannya untuk melihat ke bawah pada sasaran-sasaran musuh secara relatif aman, menjadikan satelit ini sangat diidam-idamkan oleh setiap komandan pasukan.

Satelit ini juga dilengkapi dengan kamera-kamera fotografis, beberapa sensor termasuk kamera televise, multispectral scanners, serta radar gelombang mikro (microwave radars). Beberapa dari peralatan ini dapat memantau objek yang berukuran 30 cm.

Negara-negara yang telah mengembangkan satelit ini, di antaranya Amerika Serikat, Uni Soviet (sekarang Rusia), China, Prancis, dan Jepang.

 

5. Satelit Pengamat Laut dan Samudra (ocean surveillance and oceanographic satellites)

Satelit ini mampu mendeteksi dan melacak kapal-kapal angkatan laut dan dapat memastikan keadaan laut, yang dengan demikian dapat meramalkan keadaan cuaca ataupun dengan cepat dapat mendeteksi kapal-kapal selam.

Sensor-sensor yang berpangkalan di ruang angkasa mampu “melihat” walaupun dalam keadaan mendung dan mendeteksi kapal-kapal pesiar kecil sekalipun.

Satelit-satelit pengintai semacam ini biasanya ditempatkan di orbit yang agak tinggi sehingga memungkinkannya untuk memperoleh sudut pandang yang lebih luas atas bumi.

 

6. Satelit untuk Meteorologi

Cuaca dapat memengaruhi operasi militer secara signifikan, sehingga satelit meteorologi ini merupakan aset penting dalam bidang militer. Satelit-satelit ini mengumpulkan data cuaca waktu nyata, memberikan prakiraan dan informasi penting tentang kondisi atmosfer.

Angkatan bersenjata menggunakan data ini untuk merencanakan misi, mengoptimalkan jalur penerbangan, dan mengadaptasi strategi sesuai dengan perubahan pola cuaca.

 

7. Sinyal Intelijen (SIGINT) Satelit

Satelit Signals Intelligence (SIGINT) berfungsi untuk mencegat dan menganalisis sinyal elektronik dari berbagai sumber, termasuk komunikasi, radar, dan sistem peperangan elektronik.

Satelit ini membantu mengidentifikasi pola komunikasi musuh, menemukan potensi ancaman, dan mendapatkan wawasan tentang kemampuan musuh. SIGINT adalah komponen penting dari peperangan elektronik dan pengumpulan intelijen.

 

8. Satelit untuk Peringatan Dini

Satelit peringatan dini berperan dalam mendeteksi peluncuran rudal, ledakan nuklir, dan aktivitas lain yang berpotensi menimbulkan permusuhan.

Satelit-satelit ini memberikan waktu yang krusial bagi para pemimpin militer untuk menilai ancaman dan menanggapinya dengan tepat, baik dengan memulai tindakan balasan atau menyiagakan sekutu. Mereka berkontribusi pada stabilitas global dengan mengurangi risiko serangan mendadak.

 

9. Keamanan Siber dan Satelit Enkripsi

Di era digital, keamanan siber menjadi hal yang terpenting, terutama dalam operasi militer. Satelit yang dilengkapi dengan enkripsi dan sistem komunikasi yang aman akan memastikan perlindungan terhadap informasi sensitif dari intersepsi atau peretasan.

Satelit ini memainkan peran penting dalam menjaga data rahasia dan menjaga keamanan operasional.

LIHAT JUGA : Perbedaan Batimetri dan Hidrografi dalam dunia Survey

 

Jadi secara tidak langsung kita tahu bahwa satelit yang dirancang untuk tujuan militer telah mengubah berbagai sistem dalam peperangan dan keamanan nasional saat ini.

Dengan kemampuan mulai dari komunikasi dan pengawasan hingga navigasi dan pengumpulan intelijen, satelit-satelit ini menyediakan alat yang dibutuhkan angkatan bersenjata untuk beroperasi secara efektif di lingkungan yang kompleks dan dinamis.

Nah itu dia sobat survey, beberapa jenis satelit yang memiliki peran penting dalam bidang militer. Jangan lupa baca artikel Indosurta lainnya juga ya, semoga bermanfaat!

 

Sumber :

Prasetiawan, Eno. 2021. Penggunaan Satelit untuk Kepentingan Militer di Antariksa Dalam Perspektif Hukum Internasional. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Kepulauan Riau. 2(1)

https://www.gao.gov/products/gao-03-825r#:~:text=Satellite%20systems%20collect%20information%20on,navigate%20while%20avoiding%20hostile%20action.

https://scholar.smu.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1334&context=jalc

satelit enkripsi, satelit intelijen, satelit komunikasi, satelit meteorologi, satelit pengamat laut, satelit pengawasan, satelit pengintai fotografis, satelit pengintaian, satelit peringatan, Sistem Satelit Navigasi Global

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!