Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Cara Mengambil Data Theodolite

31 Januari 2022 - Kategori Blog

Halo sobat survey, theodolite menjadi alat yang penting bagi para surveyor, baik yang senior maupun yang pemula, theodolite menjadi salah satu alat yang wajib dikuasai untuk surveyor. Theodolite memiliki beberapa fungsi seperti mengetahui ketinggian dari bangunan bertingkat, mengamati sudut arah lintas matahari dan membantu proses pembuatan pemetaan secara lebih rinci dan detail.

Cara Mengambil Data Theodolite adalah tahap awal anda untuk lebih mengenal alat ini. Setelah tahap ini, anda dapat memproses data hasil lalu dapat dijadikan bentuk keputusan dalam proyek.

Sebelum mengambil data pengukuran lapangan dengan theodolite, anda harus tahu bagaimana cara mengambil nilai-nilai seperti

  • Sudut Rambu Depan
  • Sudut Rambu Belakang
  • Sudut β (beta)

 


LIHAT JUGA : Apa itu Total Station?


Untuk theodolit T0 cara mengambil nilai-nilai tersebut seperti di ilustrasi dibawah ini:

Theodolite T0

 

Sedangkan untuk T2 dan Digital Theodolit seperti ilustrasi dibawah ini:

Theodolite T1

 

Setelah itu alangkah baiknya membuat sketsa lapangan dari rencana pengukuran, sebagai contoh seperti gambar dibawah ini:

 

Sketsa Lapangan Pengukuran Theodolite

 

 

Dan tabel dibawah ini merupakan contoh hasil pengukuran lapangan dengan menggunakan theodolit T0

Tabel Pengukuran Lapangan Theodolite

Ketelitian pengukuran theodolit TO hanya sampai tingkatan menit (dalam format “derajat menit detik”) sehingga tingkat ketelitiannya masih kurang bagus jika dibandingkan dengan ketelitian pengukuran yang dapai sampai tingkatan detik

Demikian artikel tentang cara mengambil data di theodolite, semoga sobat survey mendapat ilmu yang berguna dan bermanfaat. Jangan lupa untuk baca artikel Indosurta lain nya ya!

Sumber : Cara Mengambil Data dari Theodolit (T0, T2, dan Digital Theodolit)

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!