Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

5 Fakta Menarik Tentang Surveyor yang sangat perlu diketahui!

20 Januari 2022 - Kategori Blog

Halo sobat survey, tahu persamaan antara presiden pertama Amerika Serikat, George Washington dan kapten James Cook? Iya benar, mereka berdua sama sama surveyor. Profesi ini memang unik dan cukup complex, maka dari itu banyak sekali fakta fakta yang menarik tentang surveyor. Yuk Langsung simak aja 5 fakta menarik tentang surveyor.

1. Survei adalah Salah Satu Profesi Tertua di Dunia!

Mesir Kuno Surveyor Indosurta

Daftar Tanah Mesir, dibuat sekitar 3000 tahun SM adalah catatan kepemilikan tanah yang diketahui. Daftar ini menunjukan data kepemilikan dari berbagai wilayah dan juga pencatatan lokasi dari tanah tersebut.

Survey dilakukan untuk membuat daftar kepemilikan berdasarkan geometri serta pernyataan oleh permilik tanah tentang batas batas wilayah mereka. Tugas sebagai surveyor pada masa mesir kuno mencakup berbagai aspek, termasuk batasan wilayah bangunan konstruksi.

Banjir tahunan pada sungai nil, hal ini sangat berdampak kepada kehidupan orang mesir pada saat itu. Sering kali merubah bentuk tanah pada bank sungai atau kehilangan pembatas batu. Seorang surveyor dibutuhkan untuk mengukur kembali tanah dan mengganti pembatas. Jadi setiap permasalahan antar tentangga dapat diselesaikan karena memiliki batasan yang jelas.

Surveyor memliki peran yang penting, dibuktikan dengan surveyor sedang bekerja di gambar dinding makam. Posisi surveyor di Mesir Kuno diisi kalangan atas dan memiliki edukasi yang tinggi.

 

2. Presiden pertama Amerika Serikat, George Washington adalah Seorang Surveyor

George Washington Surveyor Indosurta Group

George Washington, Abraham Lincoln, John Adams dan Thomas Jefferson adalah seorang surveyor tanahn sebelum memulai karir mereka sebagai Presiden dari Amerika Serikat. George Washington memulai karir nya yang cemerlang dengan menjadi surveyor, pembuat peta dan prajurit.

Dia mulai bekerja sebagai asisten surveyor pada tahun 1748 di umur 16 tahun. Setahun setelahnya, dia menjadi surveyor untuk negara perbatasan Culpeper yang baru dibuat. Pada projek itu, ia mendapatkan reputasi sebagai orang yang jujur, adil, dan dapat diandalkan.

 

3. Groma, Alat Survey Pertama

Groma Alat Survey Indosurta Group

Di Yunani dan Roma, surveyor adalah orang yang ternama karena mereka bertanggung jawab untuk garis lurus dan garis yang sempurna yang membentuk bangunan luar biasa dan colosseum yang masih ada hingga sekarang. Mereka menggunakan alat yang simpel bernama Groma.

Groma memiliki tongkat vertikal dengan potongan melintang horizontal yang dipasang di siku-siku pada braket. setiap bagiang yang melintang memiliki garis melintang di ujung nya. Digunakan untuk survey garis lurus dan siku yang tepat.

Groma di stabilkan dipermukaan tinggi, dan menunjuk kearah yang mau digunakan. Asisten akan mundur 100 langkah dan menempatkan lubat. Surveyor akan memberitahu kemana tiang nya akan pindah dan asisten akan mengikuti. Groma di percaya berasal dari 400 tahun SM di Mesopotamia, yaitu adalah Iraq sekarang.

 

4. Fakta Menarik tentang Surveyor, Kapten James Cook

James Cook Surveyor Indosurta Group

Kapten James Cook adalah salah satu surveyor paling terkenal di dunia karena ia adalah salah satu yang berlayar ke setiap samudra dan survey semua area yang ia temukan. Dia melakukaan pemetaan tanah dari Seladian Baru sampai Hawaii di Samudra Pasifik yang lebih detail dan skala yang sebelumnya belum di petakan oleh penjelajah barat.

Dia melakukan survey, penamaan fitur dan merekam pulau dan garis pantai di peta eropa untuk pertama kali. Dia adalah sosok yang memiliki skill pelayaran, survei, kartografi yang unggul, keberanian fisik, dan kemampuan untuk memimpin orang dalam kondisi terburuk.

 

5. Garis Maxon Dixon

Mason DIxon Line Indosurta Group

Garis Mason Dixon sebenarnya adalah garis survei. Charles Mason, asisten astronom di Greenwich Observatory, dan Jeremiah Dixon, astronom, matematikawan, dan surveyor, dipekerjakan untuk menyurvei garis yang disepakati untuk menyelesaikan perselisihan antara Pennsylvania dan Maryland.

Butuh 4 tahun dan biaya $75.000 untuk menjalankan garis 233 mil. Survei modern telah menunjukkannya sebagai survei yang akurat, dalam beberapa detik garis lintang.

Demikian artikel 5 Fakta Menarik tentang Surveyor, semoga sobat survey mendapat ilmu yang bermanfaat. Semoga membantu dan jangan lupa untuk baca artikel Indosurta yang lain ya!

Lihat juga: Tugas dan Kompetensi Surveyor Tanah Topografi

Sumber: Interesting Facts & History of Surveying

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!