Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Fungsi & Peran Surveyor Dalam Berbagai Pekerjaan Proyek

08 Agustus 2023 - Kategori Blog

Halo sobat survey, kembali lagi dengan artikel Indosurta. Seorang surveyor memiliki peran dapat mengerjakan berbagai proyek, tergantung pada spesialisasi mereka dan kebutuhan klien mereka. Nah, proyek apa saja sih yang bisa dikerjakan oleh seorang surveyor? Simak artikel nya sampai akhir ya!

LIHAT JUGA : Integrasi Data Geografis untuk Perencanaan Perkotaan (SIG)

Pengertian Surveyor

Surveyor merupakan seorang yang ahli dalam melakukan survei atau pengukuran untuk mendapatkan data tentang suatu wilayah maupun objek tertentu.

Tugas seorang surveyor adalah mengumpulkan informasi maupun data yang biasanya bisa diambil melalui situs survei ataupun bisa juga melakukan survei langsung kelapangan dengan menggunakan berbagai macam alat survey.

Surveyor menggunakan Alat Survey Total Station HiTarget - Fungsi & Peran Surveyor Dalam Berbagai Pekerjaan Proyek - Artikel Surveyor Pemetaan Indosurta Group

 

Proyek umum yang dapat dikerjakan oleh surveyor

  • Survei Tanah

  • Surveyor memainkan peran penting dalam proyek pengembangan lahan, di mana kita akan melakukan pengukuran dan memetakan batas-batas tanah, melakukan survei topografi untuk menentukan kontur tanah, dan membuat deskripsi hukum untuk kepemilikan properti. Informasi ini digunakan oleh arsitek, insinyur, dan profesional konstruksi untuk merencanakan dan merancang struktur.
  • Survei Konstruksi

  • Surveyor terlibat dalam proyek konstruksi dari tahap perencanaan awal hingga penyelesaian akhir. Pada pekerjaan ini kita sebagai surveyor akan menetapkan titik kontrol dan tolok ukur yang tepat di lokasi konstruksi, memantau kemajuan konstruksi, memverifikasi bahwa struktur sedang dibangun sesuai dengan rencana desain, dan memastikan keselarasan dan ketinggian struktur yang tepat.
  • Pembangunan infrastruktur

  • Surveyor mengerjakan proyek pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan, rel kereta api, jaringan pipa, dan jaringan utilitas. Mulai dari melakukan survei dan memetakan medan yang ada, merencanakan keselarasan dan tanjakan, dan memberikan data survei yang akurat untuk tujuan desain dan konstruksi.

Surveyor Hidrografi - Fungsi & Peran Surveyor Dalam Berbagai Pekerjaan Proyek - Artikel Surveyor Pemetaan Indosurta Group

  • Survei Hidrografi

  • Peran Surveyor yang berspesialisasi dalam survei hidrografi bekerja pada proyek yang berkaitan dengan badan air, seperti sungai, danau, dan garis pantai. Survei ini menggunakan peralatan khusus untuk mengukur dan memetakan topografi bawah air, mengidentifikasi potensi bahaya, dan mengumpulkan informasi untuk navigasi, konstruksi kelautan, dan pengelolaan lingkungan.
  • Pertambangan dan eksplorasi mineral

  • Peran Surveyor memainkan peran penting dalam proyek pertambangan dan eksplorasi mineral. Melakukan survei untuk menemukan deposit mineral, menetapkan batas penambangan, dan memantau proses ekstraksi untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan lingkungan.

Surveyor peran penting dalam proyek pertambangan eksplorasi mineral - Fungsi & Peran Surveyor Dalam Berbagai Pekerjaan Proyek - Artikel Surveyor Pemetaan Indosurta Group

  • Survei geodesi

  • Kita sebagai Surveyor geodesi akan berperan dan bekerja pada proyek yang menjangkau area yang luas atau membutuhkan pengukuran presisi tinggi. Biasanya, menggunakan teknik canggih untuk membangun jaringan kontrol yang akurat, menentukan bentuk dan ukuran Bumi, dan membuat sistem referensi untuk tujuan pemetaan dan navigasi.
  • Survei lingkungan dan ekologi

  • Pada pekerjaan ini, Peran Surveyor dapat dilibatkan dalam proyek yang memerlukan penilaian dan pemantauan faktor lingkungan dan ekologi seperti mengukur fitur lahan, vegetasi, badan air, dan aspek lingkungan lainnya untuk mengumpulkan data untuk penelitian, konservasi, dan pengelolaan sumber daya.

 

Nah, itu dia beberapa contoh proyek yang bisa dikerjakan oleh surveyor.Profesi surveyor ini sangat berperan pentig dalam perencanaan, desain, konstruksi dan juga pengelolaan berbagai proyek.

Jika kamu membutuhkan alat survei untuk pekerjaan proyek kamu bisa kunjungi website Indosurta di https://indosurta.co.id/.

Sampai sini pembahasan kali ini, jangan lupa baca artikel lainnya ya!

LIHAT JUGA : Integrasi Data Geografis untuk Perencanaan Perkotaan (SIG)

Sumber :

pembangunan infrastruktur, pengertian surveyor, pertambangan dan eksplorasi mineral, survei geodesi, survei hidrografi, survei konstruksi, survei lingkungan, survei tanah

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!