Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Integrasi Data Geografis untuk Perencanaan Perkotaan (SIG)

08 Agustus 2023 - Kategori Blog

Halo sobat survey, kembali lagi di artikel Indosurta. Kalian pernah belajar tentang Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis web? Tahu gak sih kalau pengembangan Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis web ini bisa digunakan untuk perencanaan kota yang berkelanjutan lho.

Jadi, diperlukan adanya integrasi dari data geografis dan juga data sosial agar perencanaan kota dapat mengembangkan komunitas yang berkelanjutan dan layak huni sehingga memenuhi kebutuhan penduduk di kota tersebut.

Nah, dalam artikel yang berjudul “Integrasi Data Geografis dan Sosial dalam Pengembangan Sistem Informasi Geografis Berbasis Web untuk Perencanaan Perkotaan yang Berkelanjutan”, apa aja sih aspek utama dalam mengintegrasikan kedua data tersebut ke dalam GIS berbasis web?  Simak artikel nya sampai akhir ya!

LIHAT JUGA : Sejarah & Evolusi Geodesi: Survei Kuno hingga Teknologi Satelit Modern!

Apa itu Data Geografis?

Data geografis data yang berkaitan dengan informasi spasial. Data geografis berisi letak di mana lokasi dari data tersebut berada.

Data geografis umumnya berdasarkan proyeksi fenomena yang ada di bumi. Data geografis juga memiliki sistem koordinat tertentu. Contohnya lokasi sekolah, taman, dan transportasi umum.

Data Geografis - Integrasi Data Geografis untuk Perencanaan Perkotaan - Artikel Surveyor Hidrografi Indosurta Group

Apa itu Data Sosial?

Data sosial adalah informasi atau kenyataan yang berada di dalam masyarakat yang berkaitan dengan segi kemanusiaan. Pada pembangunan perkotaan, data sosial yang diperlukan antara lain seperti informasi demografis, tingkat pendapatan, dan preferensi budaya.

Data Sosial yang digunakan untuk Pemetaan Survey - Integrasi Data Geografis untuk Perencanaan Perkotaan - Artikel Surveyor Hidrografi Indosurta Group

Aspek utama dalam mengintegrasikan data geografis untuk perencanaan kota yang berkelanjutan

Aspek utama dalam mengintegrasikan data geografis dan sosial dalam GIS berbasis web untuk perencanaan kota yang berkelanjutan - Artikel Surveyor Hidrografi Indosurta Group

1. Analisis Spasial

Mengintegrasikan data geografis dan sosial sehingga dapat menganalisis distribusi spasial dari fenomena sosial seperti kepadatan penduduk, karakteristik sosial ekonomi, atau infrastruktur sosial. Analisis ini membantu mengidentifikasi area dengan kebutuhan khusus atau peluang untuk perbaikan dalam perencanaan kota.

2. Perencanaan Partisipatif

Integrasi data sosial memungkinkan keterlibatan dan partisipasi warga dalam proses perencanaan kota. GIS berbasis web dapat menggabungkan data sosial yang diperoleh dari survei, media sosial, atau platform umpan balik komunitas untuk memahami preferensi, kebutuhan, dan pendapat warga.

3. Penilaian Dampak Lingkungan

Dengan mengintegrasikan data geografis dan sosial, GIS berbasis web dapat menganalisis dampak lingkungan dari proyek pembangunan perkotaan. Kita dapat menilai faktor-faktor seperti kualitas udara, polusi suara, atau aksesibilitas ke ruang hijau dan menciptakan pemahaman yang lebih spesifik tentang lingkungan perkotaan.

Sehingga nantinya dapat merancang solusi berkelanjutan untuk meminimalkan dampak lingkungan negatif dan meningkatkan kualitas hidup penghuni perkotaan tersebut.

4. Perencanaan Skenario

Integrasi GIS memungkinkan kita untuk merencanakan pembangunan berdasarkan data geografis dan sosial. Kita dapat membuat berbagai rencana pertumbuhan dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti pertumbuhan penduduk, perubahan penggunaan lahan, jaringan transportasi  dan keadilan sosial.

5. Visualisasi dan Komunikasi Data

Sistem GIS berbasis web memungkinkan visualisasi data geografis dan sosial terintegrasi melalui peta, bagan, dan lainnya. Representasi visual ini membantu kita untuk memahami hubungan spasial yang kompleks dan menggambarkan perencanaan secara efektif.

 

Kesimpulan

Secara keseluruhan, integrasi data geografis dan sosial dalam GIS berbasis web meningkatkan pemahaman wilayah perkotaan, mendukung pengambilan keputusan berbasis bukti, dan mempromosikan perencanaan kota yang berkelanjutan dan inklusif.

Dengan memanfaatkan teknologi untuk menganalisis dan memvisualisasikan kumpulan data yang kompleks, perencana kota dapat menciptakan komunitas yang lebih layak huni, berkelanjutan, dan setara untuk semua penduduk.

LIHAT JUGA : Sejarah & Evolusi Geodesi: Survei Kuno hingga Teknologi Satelit Modern!

Nah sampai sini dulu pembahasannya , gimana sobat survey jadi lebih paham kan mengenai SIG berbasis web untuk perencanaan kota yang bekelanjutan? Jangan lupa baca artikel Indosurta lainnya ya!

 

Sumber :

https://kelaspds2.wordpress.com/

Katadata

Kompas

Hidayat, Dedi. PERAN DATA DAN INFORMASI GEOSPASIAL YANG BERKUALITAS DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN. Banjarmasin: Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan. PDFe-book. https://geoportal.kalselprov.go.id/

Analisis Spasial, Aspek Integrasi Data Geografis, Data Sosial, Integrasi Data Geografis, Penilaian Dampak Lingkungan, Perencaan Partisipatif, Perencaan Perkotaan, Perencanaan Skenario, Visualisasi dan Komunikasi Data

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!