Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

4 Alasan Mengapa Alat Survey Total Station Harus Dikalibrasi

27 April 2018 - Kategori Blog

Jika kita menanyakan kepada surveyor mengapa kita mengkalibrasikan alat-alat survey. Maka kita akan menemukan jawabannya. Jika ditarik kesimpulan, berikut ini ada beberapa alasan mengapa surveyor, perusahaan kontruksi, kontraktor melakukan kalibrasi alat survey.

 

1. Menjaga kondisi alat ukur agar tetap sesuai dengan spesifikasinya.

Seiring berjalannya waktu dan intensitas pemakaian, alat ukur dapat mengalami penurunan performa. Dengan melakukan kalibrasi secara rutin (berkala), Anda dapat mengetahui apakah alat ukur Anda masih sesuai dengan spesifikasi atau sudah harus diperbaiki atau diganti. Misalnya ada alat yang akurasinya 5 detik, maka alat yang memiliki akurasi 5 detik akan dikembalikan akurasinya menjadi 5 detik.

 

2. Menjamin nilai ukuran yang dihasilkan bisa dipertanggungjawabkan

Dengan mengkalibrasikan alat survey maka hasil ukur Anda dapat diterima dimanapun. Setiap kalibrasi yang dilakukan maka kita akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat kalibrasi bisa menjadi bukti bahwa alat tersebut sudah sesuai standar dan boleh digunakan untuk keperluan pengukuran dan survey.

 

3. Menghindari kerusakan fatal pada alat survey

Bayangkan jika alat survey yang kita gunakan tidak terkalibrasi, atau masa kalibrasinya telah lewat, namun masih digunakan untuk keperluan pengukuran. Besar kemungkinan alat tersebut bisa rusak. Jika kerusakannya fatal maka alat tidak bisa digunakan lagi.

 

4. Menghindari Kesalahan Pengukuran

Kalibrasi itu penting dilakukan untuk meghindari kesalahan pengukuran. Kesalahan pengukuran akan berakibat fatal bagi proyek yang sedang dijalan. Kesalahan yang bisa terjadi diantaranya luas kawasan yang tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Bangunan atau tiang miring dan lain sebagainya.

 

Itulah beberapa manfaat kalibrasi yang bisa dirasakan oleh surveyor, perusahaan kontruksi, kontraktor ataupun developer. Jadi kalibrasi bukan sekedar untuk formalitas saja tapi untuk hasil pengukuran yang lebih baik dan bisa dipertanggung jawabkan.

Jika ingin Kalibrasi Alat Survey bisa hubung kami di

  • Jakarta/Tangerang 0853-1204-2324 atau 021-5315 8019 (Kantor Pusat)

Alat Survey, Jasa Kalibrasi Alat Survey, Kalibrasi Alat Survey, Tempat Kalibrasi Alat Survey

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!