Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Alat Pengukuran Kedalaman Laut menggunakan Sonar

25 Agustus 2023 - Kategori Blog

Halo sobat survey, kembali lagi dengan artikel Indosurta. Kalian pernah membayangkan kira-kira seberapa dalam sih laut itu?. Bagian laut paling dalam yang pernah di ukur manusia itu sekitar 10,9 km, dalam sekali bukan?

LIHAT JUGA : Apa itu fase dan pseudo-range pada GPS/ GNSS?

Lalu, bagaimana sih kita bisa mengukur kedalaman laut tersebut? Nah, untuk mengukur kedalaman laut ini kamu bisa melakukan Survei Batimetri. Survei Batimetri ini digunakan untuk mengukur kedalaman air, mulai dari sungai, danau, hingga lautan.

Cara paling mudah dan cepat untuk melakukan pengukuran kedalaman laut adalah dengan menggunakan gelombang suara. Gelombang suara dihasilkan dari teknologi sonar yang dipasang pada kapal saat memetakan topografi dasar laut. Yuk simak artikel ini sampai akhir untuk penjelasan lebih lengkapnya!

 

Sonar

Sonar merupakan sistem yang menggunakan gelombang suara bawah air yang dipancarkan dan dipantulkan untuk mendeteksi dan menetapkan lokasi objek di bawah laut atau untuk mengukur jarak bawah laut.

Cara kerja perlengkapan sonar adalah dengan mengirim gelombang suara bawah permukaan dan kemudian menunggu untuk gelombang pantulan (echo). Data suara dipancar ulang ke operator melalui pengeras suara atau ditayangkan pada monitor.

Selain untuk mendeteksi kedalaman laut, sonar telah luas digunakan seperti mendeteksi kapal selam dan ranjau, penangkapan ikan komersial, keselamatan penyelaman, dan komunikasi di laut.

Langkah-langkah Pengukuran Kedalaman Laut Menggunakan Sonar

  • Persiapan Alat
  1. Alat sonar : biasanya berupa echo sounder atau fish finder
  2. Komputer atau monitor: untuk menampilkan data yang dikumpulkan dari sonar
  3. Kabel penghubung antara sonar dan komputer/monitor
  4. Sumber listrik atau baterai: untuk memberi daya pada sonar
  • Pasang alat sonar pada kapal atau perahu. Pastikan alat sonar terhubung dengan peralatan lainnya seperti komputer/monitor
  • Nyalakan alat sonar dan komputer/monitor
  • Setting Sonar sesuai kebutuhan, seperti penyesuaian frekuensi sonar, kecepatan gelombang suara, pembacaan kedalaman maksimum, dll.
  • Pastikan sonar sudah terhubung dengan antena GPS jika ingin mencatat koordinat lokasi pengukuran.
  • Jalankan perahu perlahan-lahan di atas area yang ingin di ukur kedalamannya. Pemetaan biasanya dilakukan dengan pola garis lurus atau variasi pola sesuai dengan cakupan yang ingin diukur.
  • Setelah itu, kontur dasar laut dan tampilan kedalaman akan muncul di display layar komputer atau monitor.
  • Jika menggunakan alat sonar dengan pemetaan real-time, maka hasil pengukuran akan dapat langsung terlihat, tapi jika menggunakan alat sonar tanpa pemetaan real-time, kita perlu untuk mengunduh data yang telah dihasilkan setelah selesai melakukan pengukuran.
  • Kemudian simpan atau catat data yang diperoleh tersebut. Data yang dihasilkan biasanya terdiri dari koordinat, kedalaman, dan beberapa informasi tambahan seperti tanggal, waktu, dan kondisi cuaca saat pengukuran dilakukan.
  • Setelah pengukuran selesai, matikan alat sonar serta komputer/monitor dan pastikan proses penyimpanan data sudah selesai sebelum mematikan semua peralatan.

 

Meskipun pengukuran kedalaman laut bisa dilakukan dengan menggunakan sonar, tetapi dibutuhkan waktu yang sangat lama bagi kapal untuk memetakan suatu bagian dasar laut.

Jika disebut berapa tahun waktu yang diperlukan untuk memetakan dasar laut secara menyeluruh, bisa memakan waktu hampir 125 tahun lamanya, itulah sebabnya mengapa hanya sebagian kecil lautan di dunia ini yang berhasil dipetakan.

LIHAT JUGA : Apa itu fase dan pseudo-range pada GPS/ GNSS?

Nah, sampai sini pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel lainnya ya!

 

Sumber :

SANTOSA, AJI IMAN,  ANALISIS PENGGUNAAN ECHOSOUNDER UNTUK MEMBANTU KEMAMPUAN BERNAVIGASI DI KAPAL MT.GRIYA TERNATE. Sumatera Barat : Diploma thesis, Politeknik Pelayaran.

Langkah Penggunaan Sonar, Manfaat Sinyal Sonar, Panduan Penggunaan Sonar, Sonar Bawah Laut, Sonar Gelombang Suara, Sonar Kapal Laut, Sonar Kapal Nelayan, Survey Batimetri

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!