Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Alat Survey Total Station bisa dapat dipakai pada pekerjaan apa aja?

11 Juli 2023 - Kategori Blog

Halo Sobat Survey, kembali lagi dengan Artikel Indosurta. Kalian pasti sudah familiar kan dengan alat survey Total Station senjata nya para Surveyor? Alat survey ini banyak digunakan oleh pekerja konstruksi. Tapi, apakah kalian sudah tahu sebenarnya alat ini dapat digunakan & cocok untuk pekerjaan apa saja sih? Yuk kita bahas! Simak penjelasannya di artikel sampai akhir yaaa 🙂

 LIHAT JUGA : Kenapa anak jurusan Geodesi & Geomatika sering disebut ‘Avatar Aang’?

Pengertian Total Station

Total Station merupakan perangkat elektronik yang digunakan dalam survei dan konstruksi yang menggabungkan fungsi theodolite, pengukur jarak elektronik (EDM), dan komputer.

alat ukur topografi ini biasanya digunakan dalam berbagai proyek, termasuk survei tanah, tata letak konstruksi, dan desain teknik. Namun, apakah alat survey ini dapat digunakan untuk semua proyek rekonstruksi? Itu tergantung dari beberapa faktor. Dalam artikel kali ini kita akan membahas kelebihan dan keterbatasan dari alat topografi ini untuk digunakan dalam berbagai jenis proyek.

 

Kelebihan Alat Survey Total Station

Total station memiliki beberapa keunggulan dibandingkan metode survei dan pengukuran tradisional lainnya. Alat ini memiliki tingkat ketelitian yang sangat akurat dan presisi, sehingga memungkinkan unutk melakukan pengukuran dengan akurasi hingga milimeter.

Dengan menggunakan alat pengukuran ini, kamu dapat melakukan pengukuran dengan cepat dan efisien, dan dapat melakukan pengukuran data dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Total station juga merupakan alat survey yang serbaguna dan dapat digunakan dalam berbagai proyek, baik indoor maupun outdoor, dan tentunya dapat digunakan dalam berbagai kondisi cuaca.

 

Keterbatasan Alat Survey Total Station

Terlepas dari banyaknya kelebihannya, alat survey ini memiliki beberapa keterbatasan yang dapat mempengaruhi kesesuaiannya untuk proyek tertentu. Salah satu keterbatasan dari alat survey ini adalah jangkauannya, yang dibatasi oleh kekuatan EDM. Nah hal ini berarti bahwa total station mungkin tidak sesuai untuk proyek berskala besar yang membutuhkan pengukuran jarak jauh.

Keterbatasan lainnya adalah bahwa alat ukur topografi ini memerlukan garis pandang antara instrumen dan target, yang mungkin sulit dicapai di lingkungan tertentu, seperti hutan lebat atau lokasi konstruksi dengan banyak rintangan atau hambatan yang menghalangi jarak pandang.

 

Keterbatasan Alat Survey Total Station

Total station umumnya digunakan dalam survei tanah dan proyek tata letak konstruksi, yang membutuhkan tingkat akurasi dan presisi yang baik. alat ukur topografi dengan harga minimal 30 juta ini,  juga digunakan dalam proyek desain teknik, seperti desain jalan, jembatan, dan bangunan, atau pekerjaan perencanaan konstruksi lainnya. alat survey ini juga dapat digunakan dalam proyek pemantauan lingkungan, seperti pengukuran ketinggian air, pertumbuhan vegetasi, dan erosi tanah, dll.

 

Total Station digunakan pada proyek apa saja?

Total station umumnya digunakan dalam survei tanah dan proyek tata letak konstruksi, yang membutuhkan tingkat akurasi dan presisi yang baik. alat survey ini juga digunakan dalam proyek desain teknik, seperti desain jalan, jembatan, dan bangunan, atau pekerjaan perencanaan konstruksi lainnya. Lalu, juga dapat digunakan dalam proyek pemantauan lingkungan, seperti pengukuran ketinggian air, pertumbuhan vegetasi, dan erosi tanah, dll.

 

Proyek yang tidak bisa menggunakan Total Station?

Namun, total station mungkin tidak dapat digunakan untuk proyek yang membutuhkan pengukuran jarak jauh atau di lingkungan dengan banyak hambatan yang mengganggu jarak pandang sari total station dan target.

Misalnya, survei topografi untuk pemetaan wilayah yang luas mungkin lebih cocok untuk menggunakan metode survei udara, seperti fotogrametri atau lidar. Demikian pula dengan proyek yang memerlukan pengukuran di lingkungan bawah tanah atau bawah air mungkin dapat menggunakan survei hidrografi atau memerlukan peralatan khusus lainnya.

 

Kesimpulannya, alat survey ini memiliki banyak kelebihan untuk proyek survei dan pengukuran, termasuk akurasi, presisi, kecepatan, dan keserbagunaan. Namun, apakah dapat digunakan untuk suatu proyek atau tidaknya bergantung pada beberapa faktor, termasuk jangkauan instrumen, garis pandang, dan lingkungan tempat pengukuran yang akan dilakukan.

 LIHAT JUGA : Kenapa anak jurusan Geodesi & Geomatika sering disebut ‘Avatar Aang’?

Nah dengan memahami kelebihan dan keterbatasan dari alat survey ini, sobat survey dapat menentukan apakah alat ukur ini cocok untuk proyek yang sedang sobat survey kerjakan atau tidak. Demikian artikel kali ini, jangan lupa baca artikel Indosurta lainnya, dan semoga bermanfaat!

 

Sumber :

https://ilmuteknik.id/

Beli Total Station, Pakai Total Station, Pekerjaan Total Station, Penggunaan Total Station, Proyek Total Station, Tempat Total Station

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!