Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Apa itu Benchmark (BM) dan apa peran pentingnya dalam Geodesi?

10 Agustus 2023 - Kategori Blog

Halo sobat survey, kembali lagi dengan artikel Indosurta. Di bidang geodesi, benchmark berfungsi sebagai titik referensi dasar yang memiliki peran penting untuk pengukuran permukaan bumi dengan tepat dan akurat.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas tentang penting nya BM dalam geodesi. Simak artikel nya sampai akhir ya sobat survey!

LIHAT JUGA : Aturan dalam membuat Premark Ground Control Point (GCP) yang Tepat

Apa itu Benchmark (BM)?

Benchmark (BM) dalam geodesi adalah titik tetap dan permanen di permukaan bumi dengan koordinat dan elevasi yang diketahui dengan tepat dan akurat. BM ini digunakan sebagai referensi stabil untuk mengukur posisi dan ketinggian titik lain.

BM juga berfungsi sebagai dasar untuk membuat datum geodetik, yang merupakan sistem koordinat yang digunakan untuk mewakili permukaan bumi.

Tahapan-tahapan Penentuan Benchmark

Untuk menentukan benchmark diperlukan terknik survei tingkat lanjut dan alat survey yang sesuai agar mendapatkan hasil yang teliti. Berikut adalah langkah-langkah penting yang harus kamuu perhatikan dalam pembentukan BM :

  1. Perencanaan Survei; Surveyor geodetik merencanakan lokasi untuk BM, dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti aksesibilitas, stabilitas, dan distribusinya di seluruh area yang direncanakan.
  1. Pengukuran Tepat; Alat survey yang sangat akurat seperti receiver GNSS dan alat survey untuk perataan lainnya digunakan untuk mengukur lintang, bujur, dan elevasi dari BM.

LIHAT JUGA : GPS Geodetik Emlid Reach RS2 Plus GNSS RTK

  1. Penyesuaian Jaringan; Setelah beberapa benchmark dibuat, mereka membentuk sebuah jaringan. Proses penyesuaian jaringan ini dilakukan untuk menghitung koordinat yang paling cocok untuk semua BM, mengurangi kesalahan, dan memastikan konsistensi dari nilai koordinat BM.

 

Peran Benchmark dalam Geodesi

  1. Referensi datum geodetik; Benchmark adalah titik referensi utama untuk menetapkan datum geodetik yang merupakan sistem koordinat penting untuk melakukan survei dan pemetaan. Datum geodetik menentukan asal dan orientasi lintang, bujur, dan elevasi yang digunakan untuk penentuan posisi geografis.
  1. Survei Geodesi; Benchmark sangat penting dalam melakukan pengukuran survei geodesi, baik untuk pemetaan skala besar, survei topografi, ataupun pemetaan foto udara. Benchmark merupakan kerangka referensi yang stabil untuk menyatukan semua pengukuran survei secara akurat.
  1. Memantau Pergerakan Bumi; Dalam geodesi, benchmark memainkan peran penting dalam memantau pergerakan tektonik, penurunan muka tanah, perubahan permukaan laut, dan fenomena geofisika lainnya. Dengan melakukan monitoring dan mengukur ulang BM dari waktu ke waktu, seorang ahli geodesi dapat mendeteksi pergerakan halus dari kerak bumi.
  1. Validasi Pemosisian Satelit; Satelit GNSS menggunakan BM sebagai titik referensi untuk memberikan informasi posisi yang tepat untuk berbagai pengaplikasian, termasuk sistem navigasi dan pengaturan waktu.

LIHAT JUGA : Aturan dalam membuat Premark Ground Control Point (GCP) yang Tepat

Jadi sekarang kamu sudah paham kan kalau ternyata BMitu memiliki peran yang sangat penting dalam bidang geodesi? Semoga dengan membaca artikel ini kamu makin paham ya sobat survey. Jangan lupa baca artikel Indosurta lainnya juga ya, semoga bermanfaat 🙂

 

Sumber :

Ridwan., Anwar. 2022. Pembuatan Benchmark Berkoordinat Global Berbasis Teknologi GNSS untuk Menunjang Praktikum Survey dan Pemetaan di Kampus PNUP. Politeknik Negeri Ujung Pandang. Makassar

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bkborobudur/pembuatan-patok-untuk-titik-referensi-geodetik/

Definisi Benchmark, Memantau Pergerakan Bumi, Pengukuran Tepat, Penyesuaian Jaringan, Perencanaan Survey, Referensi Datum Geodetik, survei geodesi, Tahapan Penentuan Benchmark, Validasi Pemosisian Satelit

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!