Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Erosi – Pengertian, Jenis, Proses, Dampak dan Contohnya

29 Desember 2021 - Kategori Blog
Erosi Tanah Indosurta Group

Erosi Tanah Indosurta Group

Ada beberapa faktor pendorong yang menyebabkan erosi di permukaan bumi. Faktor iklim, geologi dan biologis menjadi faktor alamiah yang bisa menyebabkan erosi.

Pengertian Erosi

Pengertian Erosi adalah adalah proses hilangnya seluruh rangkaian dalam lapisan permukaan tanah atas yang disebabkan karena pergerakan air maupun angin. Sarief (1985)

Jenis Erosi

1. Erosi Air

Erosi air atau bisa disebut juga Abrasi adalah jenis erosi yang terjadi karena air yang mengalir menggesek tanah sehingga menyebabkan pengikisan tanah. Abrasi biasa terjadi pada tanah atau bebatuan yang terdapat di dasar sungai.

Abrasi dapat dibedakan menjadi 4 jenis

  • Erosi Percik adalah pengikisan batuan dan tanah di dasar sungai yang disebabkan oleh gesekan air dalam jumlah/debit air relatif kecil
  • Erosi Lembar adalah pengikisan yang terjadi di batuan dan tanah dasar sungai yang ketebalannya sama rata. Kedalaman air sungai yang dasarnya mengalami erosi lembar biasanya memiliki kedalaman sekita 2-5 meter
  • Erosi Alur adalah erosi air yang terjadi karena kumpulan air dari berbagai penjuru. Erosi alur biasanya terjadi di sungai yang berada di pegunungan dan perbukitan.
  • Erosi Parit adalah erosi yang terjadi di selokan pemukiman dan hanya terjadi di parit yang memiliki aliran air lancar

2. Erosi Angin

Erosi angin adalah pengikisan yang disebabkan oleh hembusan angin. Jenis erosi angin berhubungan dengan proses erosi transportasi. Tujuan arah hembusan aingin tersebut membentuk erosi baru yang disebut deposisi.

3. Erosi Es

Erosi es atau biasa disebut dengan eksarasi/erosi glasial. Erosi terjadi karena gletser atau es mengikis tanah dan batuan yang terkena es. Dan terjadi di daratan yang diselimuti oleh salju

4. Erosi Ombak

Erosi ombak biasa disebut dengan abrasi. Erosi ombak adalah pengikisan tanah yang disebabkan oleh air laut sehungga tanah terus terusan terkikis oleh gelombang air laut. Erosi ombak dapat dicegah dengan melakukan reklamasi.

5. Korosi

Korosi hampir mirip dengan erosi angin, dimana perbedaan nya adalah erosi angin terjadi karena gesekan angin sementara korosi terjadi karena hembusan angin membawa partikel pembentuk seperti pasir.

 

LIHAT JUGA : Definisi dan Sifat – Sifat Kontur

 

Proses Terjadinya Erosi

Erosi yang terjadi di suatu wilayah dapat dikaji melalui proses terjadinya

1. Detachment

Detachment bisa dikatakan sebagai bagian dari erosi yang terjadi pada tanah dan batuan. Tanah dan batuan yang mengalami erosi detachment disebabkan karena unsur penyebab erosi seperti air, angin, ombak dan es.

2. Transportation

Transportation adalah proses terjadinya erosi karena tanah atau bebatuan yang hendak mengalami erosi dibawa oleh angin dan air selaku tenaga pembawa erosi menuju ke arah tujuannya. Pergerakan proses erosi transportasi bermula dari tempat yang tinggi menuju ke arah tempat yang rendah.

3. Deposition

Deposition adalah tempat pemberhentian bagi erosi transportation. Erosi yang dibawa oleh proses transportation membangun objek erosi baru yang disebut sebagai proses erosi deposition.

Dampak dan Contoh Terjadinya Erosi

akibat dari terjadi nya erosi dapat kita rasakan di kehidupan sehari-hari, yaitu:

1. Kestabilan Lingkungan Terganggu

Dengan kestabilan lingkungan terganggu, kehidupan di muka bumi selanjutnya bisa mengalami kerusakan yang berlanjut jika tidak ditangani dengan baik.

2. Banjir yang Mematikan di Jakarta

Erosi sedimen tanah yang terjadi di hulu telah menyumbat sungai dan kanal kota Jakarta dan menyebabkan luapan air. Banjir akibat erosi seperti ini juga terjadi di banyak negara, seperti Kolombia, India, Filipina, dan Republik Demokratik Kongo.

3. Kerugian Ekonomi di Sektor Pertanian

Sektor pertanian di Amerika Serikat juga kehilangan sekitar $44 miliar per tahunnya karena erosi. Nilai ini termasuk hilangnya produktivitas serta timbulnya sedimentasi dan polusi air. Kerugian atas pendapatan pertanian diperkirakan mencapai sebesar $100 juta per tahun.

Demikian artikel tentang erosi – pengertian jenis, proses, dampak dan contoh nya. Semoga dengan membaca artikel ini anda dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda tentang erosi. Jangan lupa untuk membaca artikel Indosurta lain nya ya

 

Sumber: Dosen Geografi – Pengertian Erosi, Jenis, Faktor Pendorong, Proses, Dampak, dan Contohnya

Lihat Juga: Brosur Alat Survey Indosurta Group

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!