Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Fungsi Penting Alat Survey Total Station di bidang Pertanian Modern

20 Juli 2023 - Kategori Blog

Halo sobat survey! Kembali lagi di artikel Indosurta. Sektor pertanian memiliki peran penting dalam perkembangan negara kita. Saat ini sudah ada beberapa alat survey dengan teknologi terbarukan yang digunakan dalam bidang pertanian salah satunya Total Station untuk Pertanian. Nah kira-kira apa aja peran dari Total Station dalam pemetaan di bidang pertanian ini? Yuk simak artikel ini sampai akhir ya sobat survey!

LIHAT JUGA : Fungsi modul gnss dalam pemetaan survey Fotogrametri

Sektor pertanian membutuhkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan produktivitas, presisi, dan keberlanjutan. Salah satu teknologi yang sudah banyak digunakan pada sektor pertanian yaitu total station.

Awalnya Total Station digunakan dalam survei dan konstruksi, tetapi saat ini total station sudah digunakan dalam pertanian modern. Manfaat dari penggunaan total station di bidang pertanian ini diantaranya yaitu :

 

Manfaat Penggunaan Total Station di Bidang Pertanian

1. Pemetaan Topografi yang Akurat

Total station dapat melakukan pemetaan dan survei lanskap pertanian secara akurat. Nah dengan pemetaan area yang akurat, termasuk elevasi, kontur, dan lereng, petani dapat membuat peta topografi yang terperinci. Peta topografi ini digunakan untuk merancang sistem drainase yang efisien, mengoptimalkan tata letak irigasi, dan mengidentifikasi area yang rentan terhadap erosi, sehingga dapat membantu mengambil keputusan dalam pengelolaan lahan yang lebih baik.

 

2. Pemantuan tanaman secara presisi

Dengan menggunakan total station, sobat survey dapat melakukan pemantauan dan penilaian terhadap tanaman secara tepat. Petani dapat melakukan pengukuran tinggi, kepadatan kanopi, dan kesehatan tanaman secara keseluruhan, nah dengan data tersebut petani dapat mengetahui kondisi dari ladang mereka.

Data pengukuran dari tanaman tersebut biasanya digunakan untuk mendeteksi tanda-tanda awal kekurangan nutrisi, serangan hama, atau wabah penyakit, sehingga memungkinkan petani untuk melakukan upaya dalam mencegah potensi kerugian. Selain itu, total station dapat digunakan dalam memantau pola pertumbuhan tanaman dan mengoptimalkan jarak antar tanaman untuk hasil yang lebih baik.

 

3. Pembentukan Batas Lahan dengan Efisien

Mendefinisikan batas lapangan secara akurat sangat penting untuk manajemen pertanian yang efisien. Dengan total station, petani bisa membatasi wilayah dengan tingkat presisi yang tinggi, sehingga meminimalkan sengketa lahan dan memastikan pemanfaatan optimal ruang yang tersedia.

Batas-batas lahan yang jelas juga dapat digunakan untuk penerapan teknik pertanian yang presisi seperti dalam pengaplikasian pupuk dan pestisida, jadi petani bisa menargetkan area tertentu sesuai dengan kondisinya.

 

4. Sistem Panduan Otomatis

Total station yang terkoneksi dengan sistem satelit navigasi global (GNSS) dapat digunakan untuk navigasi di wilayah pertanian dengan data yang jauh lebih akurat dan minim kesalahan pengukuran akibat manusia. Nah dengan menggabungkan total station dan GNSS kamu dapat melakukan pengukuran dengan lebih efisien terutama pada tahap penanaman, penyemprotan, dan panen.

Dengan adanya sistem panduan otomatis tidak hanya meningkatkan produktivitas tetapi juga mengurangi biaya input dengan menghindari tumpang tindih dan memastikan pemanfaatan mesin yang optimal.

 

5. Estimasi Hasil Panen

Petani dapat memperkirakan hasil panen secara akurat, dimana hal ini sangat penting untuk alokasi sumber daya yang efisien, keputusan pemasaran, dan perencanaan keuangan.

Total station dapat digunakan untuk mengestimasi hasil dengan melakukan pengukuran lapangan yang tepat, termasuk jumlah tanaman dan distribusi spasial. Sehingga nantinya petani dapat mengoptimalkan jadwal panen, fasilitas penyimpanan, dan strategi pemasaran.

LIHAT JUGA : Fungsi modul gnss dalam pemetaan survey Fotogrametri

Nah dengan penggunaan total station di bidang pertanian dapat mempengaruhi peningkatan produktivitas, optimalisasi sumber daya, dan praktik pertanian berkelanjutan. Jadi sekarang sobat survey udah tahu kan kalau ternyata total station juga memiliki peran penting dalam sektor pertanian? Semoga dengan membaca artikel ini kamu bisa paham ya. Terimakasih telah mengunjungi artikel indosurta, jangan lupa baca artikel lainnya ya.

 

Sumber:

Alat Survey Pertanian, Alat Survey Petani, Alat Survey sawah, Estimasi Hasil Panen, Total Station Sawah

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!