Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Pengertian Gelombang Elektromagnetik Serta Jenis dan Manfaatnya

11 Januari 2023 - Kategori Blog

Halo sobat survey, balik lagi di artikel Indosurta. Kalian pernah dengar belum tentang gelombang elektromagnetik? Ternyata gelombang elektromagnetik sering kita jumpai di kehidupan sehari – hari loh, contohnya seperti radio yang sering kita pakai untuk mendengarkan informasi dan lagu – lagu, siaran televisi, komunikasi handphone dan lainnya. Gelombang elektromagnetik digunakan untuk mentranmisikan sinyal pada jarak yang sangat jauh.

Namun kalian sudah tau belum apa pengertian gelombang elektromagnetik? Serta manfaat – manfaat nya dari gelombang tersebut? Yuk langsung aja kita bahas.

 LIHAT JUGA : Peran Survey Tanah dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam

Pengertian Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik adalah suatu gelombang yang memiliki muatan energi listrik dan magnet yang tidak memerlukan media untuk rambat. Gelombang ini dapat merambat meskipun di dalam ruangan hampa sekalipun.

 

Sejarah Singkat Gelombang Elektromagnetik

Sebelum memasuki abad ke-19, manusia hanya bisa mengetahui cahaya yang tampak saja. Selain cahaya tampak, manusia saat itu tidak mengetahui cahaya lainnya.

Namun berjalannya waktu hingga setelah 1800, seorang astronom dari Inggris bernama William Herschel kelahiran jerman, menyatakan ia menemukan jika ada cahaya selain cahaya tampak

Penemuan inilah yang menjadi awal mula perkembangan dari materi gelombang elektromagnetik. Tentu saja penemuan yang dilakukan oleh Herschel akan terus dikembangkan oleh para ilmuan lainnya.

Hingga pada saat salah satu percobaan yang dilakukan oleh Hertz akhirnya teori dari Maxwell terbukti dan dibenarkan.

Penemuan Maxwell yang diberi nama gelombang elektromagnetik. Pada tahun 1905, Albert Einstein menemukan konsep relativitas khusus yang akhirnya dapat menyempurnakan konsep gelombang elektromagnetik.

 

Jenis dan Manfaat Gelombang Elektromagnetik

Setelah sobat memahami pengertiannya, yuk kita lanjut memahami maanfaat dari gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari – hari, contohnya sebagai berikut :

  1. Gelombang mikro : gelombang ini dimanfaatkan untuk komunikasi radar, alat menghangat dan memasak makanan (microwave).
  2. Gelombang radio : gelombang ini digunakan untuk mentransmisikan sinyal dengan jarak yang sangat jauh seperti televisi, radio, dan handphone.
  3. Cahaya Tampak : penggunaan laser digunakan untuk peralatan medis seperti mendiagnosis penyakit, dan penggunaan laser yang dimanfaatkan untuk memotong benda.
  4. Sinar ultraviolet : penggunaan sinar ultraviolet di manfaatkan untuk membunuh bakteri dalam dunia medis dan mengecek keaslian uang.
  5. Sinar Gamma : sering kita jumpai di peralatan – peralatan medis contohnya seperti : digunakan untuk bedah saraf, membunuh bakteri, menyembuhkan penyakit kanker, serta CT-Scan.
  6. Sinar inframerah : sinyal ini digunakan untuk remote control, kamera CCTV, peralatan medis, dan peralatan militer.
  7. Sinar X : sinar ini mempunyai daya tembus yang lebih besar dari pada sinar ultraviolet. Sinar x dapat menembus daging sehingga dapat digunakan untuk peralatan medis seperti rontgen. Selain peralatan medis, sinar x juga dimanfaatkan di bandara untuk memeriksa tas penumang.

Hingga saat ini gelombang elektromagnetik masih digunakan untuk kebutuhan alat medis, militer dan juga dalam kehidupan rumah tangga.

 LIHAT JUGA : Kumpulan Brosur Alat Survey dan Pemetaan Topografi

Nah sampai disini sobat jadi paham kan mengenai gelombang elektromagnetik mulai dari pengertian , sejarah hingga manfaat – manfaat dari gelombang tersebut. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel Indosurta lainnya ya.

 

Sumber:

ruangguru.com

gramedia.com

Gelombang Elektromagnetik, Gelombang Radio, Jenis Gelombang Elektro Magnetik, Pengertian Geodesi Satelit, Sinar Gelombang

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!