Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Peran Penting Automatic Level atau Waterpass Dalam Pembangunan Jalan

07 November 2022 - Kategori Blog

Halo sobat survey. Banyak hal – hal yang wajib di perhatikan oleh seorang pekerja konstruksi bagunan, contohnya seperti pembangunan jalan raya. Pembangunan jalan raya merupakan pekerjaan yang sangat membutuhkan ketelitian karena hasil yang didapatkan mencerminkan bangunannya. Bila terjadi kesalahan pengukuran dan perhitungan, maka bentuk jalan akan bergelombang dan tidak enak dilihat. Selain itu, jalan akan cepat rusak karena tidak sesuai dengan spesifikasi pekerjaan.

Untuk memastikan dan meminimalisir terjadi kesalahan pengukuran tersebut, seorang pekerja konstruksi pembangunan jalan raya perlu menggunakan alat bantu pengukuran. Alat bantu tersebut bernama automatic level atau waterpass. Pekerjaan yang menggunakan automatic level/waterpass biasa di sebut levelling atau waterpassing.

 LIHAT JUGA : Pengertian Serta Cara Menentukan Azimuth dan Back Azimuth

Apa itu Automatic Level atau Waterpass?

Automatic Level atau Waterpass adalah alat ukur penyipat datar dengan teropong yang dilengkapi nivo dan sumbu mekanis tegak sehingga teropong dapat berputar ke arah horizontal. Fungsi automatic level dalam pembangunan jalan raya ialah untuk menentukan garis supaya raya dalam keadaaan horizontal sesuai dengan kebutuhan jalan. Selain itu, waterpass juga digunakan untuk melihat perbedaan ketinggian sehingga dapat diketahui ketebalan setiap lapisan jalan.

Suatu project pembuatan jalan, biasanya memiliki spesifikasi tertentu untuk setiap ketebalan material. Hal ini dimasksudkan agar jalan dapat bertahan dengan jangka waktu panjang dan dalam berbagai macam kondisi cuaca. Spesifikasi ini diberikan berdasarkan kondisi awal medan.

 

Cara mengukur menggunakan Automatic Level

Sebelum melakukan pengukuran dengan automatic level, pastikan dahulu gelembung air nivo berada di bagian posisi tengah untuk memastikan automatic level sudah keadaan rata. Karena gelembung air nivo dapat menentukan kesejajaran posisi.

 

Contoh Pekerjaan yang menggunakan Automatic Level

Jika semua cara sudah dilakukan maka akan ada pekerjaan perataan tanah untuk memulai pembangunan jalan raya. Selain pembangunan jalan raya pengukuran dengan menggunakan automatic level bertujuan untuk membuat rekayasa konstruksi utamanya yang berhubungan dengan perairan.

Diantaranya seperti pembuatan selokan, pembuatan kolam renang, pembuatan deck, dan pekerjaan lainnya. Pekerjaan-pekerjaan tersebut umumnya memerlukan pengaliran air. Sehingga dengan menggunakan automatic level, ketinggian permukaan bangunan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dengan tujuan utama agar tidak terdapat genangan pada kontruksi bangunan.

Oleh karena itu automatic level memiliki peran penting di dunia konstruksi. Penggunaan automatic level atau waterpass akan memberika data secara teliti dan dapat menghasilkan hasil kontruksi yang baik.

 

Gimana sobat survey, sampai sini sudah paham kan peran penting automatic level dalam pembangunan jalan raya dan pekerjaan konstruksi lainnya. Semoga sobat survey mendapat ilmu yang bermanfaat. Semoga dapat membantu dan jangan lupa baca artikel Indosurta lainnya ya!

 

Sumber : kompas.com

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!