Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Apa itu Pengukuran Resection? Berikut Definisi dan Cara Mengukur!

31 Januari 2023 - Kategori Blog

Halo sobat survey, kembali lagi dengan artikel Indosurta. Pada kali ini kita akan membahas tentang pengukuran resection. Sebelum masuk ke pembahasan, kalian sudah pada tau belum apa itu pengukuran resection? Mungkin diantara kalian sudah ada yang mengetahui pengukuran ini, dan sebagian juga belum ada yang mengetahui. Oleh karena itu disimak penjelasannya hingga selesai ya.

 LIHAT JUGA : Apa itu Pengukuran Intersection?

Dalam ilmu ukur tanah terdapat 3 metode penentuan posisi, seperti metode poligon, metode pengikatan kebelakang (resection), metode pengikatan kemuka (intersection). Namun kali ini kita hanya mambahas metode pengikatan kebelakang (resection) saja, berikut penjelasannya.

 

Apa itu pengukuran resection?

Metode pengikatan kebelakang (resection) adalah teknik untuk menentukan titik koordinaat kedudukan peta pada saat berada di lapangan dengan bantuan dua tanda atau lebih yang terlihat dilapangan dan dikatahui di peta yang digunakan untuk bidikan dari kompas. Namun dalam pengukuran resection / metode pengikat kebelakang terdapat langkah – langkah pengukurannya, diantaranya sebagai berikut.

 

Cara mengukur dengan menggunakan resection

  1. Orientasikan peta lalu orientasikan medan terhadap tanda dan bentuk medan dengan benar.
  2. Tandai kedudukan dari dua atau lebih titik tanda medan yang sudah di amati di peta dan di lapangan.
  3. Bidik kompas ke titik ‘A’ dan titik ‘B’ lalu catat nilai azimuth nya.
  4. Hitung nilai azimuth nya dari kedua titik tersebut.
  5. Tarik garis (plotting) dari titik A sesuai dengan nilai back azimuth A dengan meletakan pusat simetris (indeks) protracktor pada titik A dari yang sudah di tentukan di peta dengan menggunakan benang tengah protracktor.
  6. Tarik lagi garis titik B sesuai dengan nilai back azimuth B sama seperti yang di lakukan terhadap titik A. Maka akan terjadi potongan antara garis back zimuth A dengan garis back azimuth B.
  7. Titik terpotong dari dua nilai garis back azimuth titik A dan titik B adalah tempat dari kedudukan kita berada, misalnya titik ‘C’.

Apa itu Resection - Ilustrasi Kegiatan dan Cara mengukur Resection Pemetaan Tanah

Demikian penjelasan mengenai pengertian serta langkah pengukuran resection (metode pengikatan kebelakang). Semoga penjelasan tersebut dapat menambah wawasan sobat survey, dan jangan lupa baca artikel indosurta lainnya ya.

 LIHAT JUGA : Kumpulan Brosur Alat Survey dan Pemetaan Topografi

Sumber: Rakasmada

Geodesi Resection, Geomatika Resection, Materi Resection, Metode Resection, Pengukuran Resection, Ukur Tanah Resection

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!