Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Contoh Penggunaan Pemetaan Foto Udara SONAR dan UAV LIDAR

19 Januari 2023 - Kategori Blog

Halo Sobat Survey, Dunia Konstruksi pastinya terus berkembang. Sehingga peranan akan surveyor untuk tetap berada di garis depan dalam penggunaan teknologi masih sangatlah diperlukan. Metode dan teknik baru untuk pembangunan, pengubahan, renovasi serta peningkatan keamanan untuk infrastruktur baik kritis maupun tidak, tetap akan menggunakan teknologi baru.

 LIHAT JUGA : Mengenal Fungsi Klinometer Suunto PM5 Beserta Penjelasannya

Pada sebagian besar proyek, beberapa teknologi pengukuran pasti digunakan, akan tetapi dengan proyek baru yang membutuhkan pelacakan dan pemodelan yang lebih rumit, harus dilakukan dengan menggabungkan beberapa metode atau jenis dari pengumpulan data. Nah, sebagai contoh, kamu dapat lihat kasus proyek dibawah ini:

 

Penggabungan Data dari Dua Platform Penginderaan Jarak Jauh dalam Pembangunan Bendungan

Ketika Sebuah Perusahaann Konstruksi perlu mengimplementasi sistem bendungan dengan tipe baru untuk Proyek Mitigasi Rembesan Bendungan Fordyce pada medan alam yang berupa pegunungan terjal berlokasi di Sierra Nevada di California, dilakukan lah pengembangan dan penggunaan teknologi mutakhir.

Contoh Penggunaan Pemetaan Foto Udara SONAR dan UAV LIDAR - Bendungan Peti Coffin Dam

Tantangan yang harus diselesaikan adalah dengan dilakukan identifikasi mengenai cara untuk merakit sebuah sistem bendungan peti (coffer dam) yang baru dengan cepat. Karena sedikit atau tidak ada pengalaman secara langsung dalam penggunaan sistem yang baru ini, mereka harus mengembangkan praktik dan teknik yang baik.

 

Lalu apa Tantangan dan Solusinya?

Tantangan utamanya adalah, bagaimana mereka harus bisa membuat model yang akurat tidak hanya medan di bawah permukaan air, namun juga atas lereng bukit yang curam dan topografi sekitarnya di atas garis air?

Solusi yang digunakan adalah multibeam SONAR dan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) LiDAR yang diimplementasikan secara bersamaan. Cara kerjanya, SONAR menangkap semua yang ada di bawah permukaan air, dan UAV LiDAR mengumpulkan semua data dari atas. Selanjutnya, kedua data set tersebut digabungkan dengan mulus dan tepat untuk membuat model medan digital (DTM) dari seluruh lokasi tambang.

Contoh Penggunaan Pemetaan Foto Udara SONAR dan UAV LIDAR - Digital Terrain Model pada foto Ortho-Mosaik

Penggunaan data ini dilakukan untuk menjadi sebuah demo terbaik mereka dalam pembangunan sistem bendungan peti yang baru. Dengan menggunakan data medan bawah air dan sekitarnya yang ada, mereka dapat melakukan identifikasi potensi masalah serta membuat solusi yang nantinya diterapkan pada saat merakit sistem bendungan peti baru.

Data dikumpulkan menggunakan titik dasar GPS yang sama dan kontrol untuk geo-referensi pada kedua dataset ke datum yang sama. Setelah itu data lapangan diolah dan terciptalah smooth Point Cloud yang membentang dari bawah permukaan air hingga sisi tebing tertinggi.

 

Apa manfaat yang didapat dalam menggunakan UAV LiDAR pada kasus ini?

suatu tepian yang tidak rata dan permukaan bebatuan yang tipis dapat dikumpulkan dengan mudah, di mana fotogrametri tradisional dapat memetakan apa yang hanya dapat dilihat dari atas. Selain itu, medannya ditutupi oleh vegetasi sedang hingga lebat, menjadikan LiDAR sebagai pilihan yang masuk akal untuk mengidentifikasi tanah sebenarnya di seluruh area ini.

Jika dibandingkan dengan LiDAR (penerbangan berawak) sayap tetap, area kecil seperti itu menghasilkan penyebaran yang lebih cepat dan kumpulan data fidelitas yang lebih tinggi dari UAV yang dapat terbang lebih rendah dan lebih lambat di atas area subjek.

Dari kumpulan data gabungan ini, model digital tunggal dapat dibuat, dan bagian dari sistem bendungan peti yang memerlukan modifikasi dapat diidentifikasi. selanjutnya rencana dapat dibuat sebelum dilakukan penyebaran, sehingga menghemat waktu dan energi kru dalam pemasangan sistem bendungan peti yang baru.

Contoh Penggunaan Pemetaan Foto Udara SONAR dan UAV LIDAR - Dua Data Set yang digabungkan

Bersamaan dengan point cloud yang dibuat dari kedua sistem, sistem UAV LiDAR memiliki kamera yang dipasang di Nadir Payload Mounting yang secara bersamaan menangkap fotografi dalam kondisi diam. Foto-foto ini kemudian dikombinasikan menjadi satu dan ditunjukkan di atas model permukaan untuk membuat ortofoto digital yang berwarna.

Foto beresolusi tinggi dapat digunakan di latar belakang sebagian besar perangkat lunak desain sebagai gambar udara yang diperbarui. Hal ini sangat menguntungkan teknisi dengan memberi mereka gambaran tentang situasi di situs saat data dikumpulkan. Ini memberikan kejelasan pada tata letak tanah dan membantu mengidentifikasi objek yang tidak diketahui di LiDAR.

 

Kesimpulan

Kemajuan dalam dunia konstruksi akan terus mengarah maju ke berbagai jenis proyek yang menantang. Sehingga dilakukan penggabungan dari berbagai platform penginderaan jauh, dan penggunaan UAV LiDAR menjadi komponen yang penting di kemudian hari.

Penggunaan teknologi pada penyelesaian contoh kasus diatas, tidak hanya peralatan survei batimetrik UAV LiDAR dan multibeam, tetapi juga sistem LiDAR yang dipasang di kendaraan dan tripod. Karena tidak semua objek yang ada di permukaan bumi bisa dilakukan pemetaan dengan Foto Udara saja, sebab adanya kerapatan vegetasi yang tertutup, sehingga LIDAR menjadi solusi yang mampu melakukan penetrasi sampai ke permukaan bumi.

Penggabungan Data Foto Udara, SONAR, dan UAV LIDAR dapat memaksimalkan pembangunan sistem bendungan peti baru dari segi tenaga, waktu, secara efektif dan efisien, karena ketiga gabungan data saling berintegrasi satu sama lain dalam mengindetifikasi objek-objek yang ada di wilayah tersebut, sehingga perencanaan dari ketiga data tersebut pasti akan mempermudah dalam penyelesaian masalah yang ada di pekerjaan atau proyek tersebut.

 LIHAT JUGA : Kumpulan Brosur Alat Survey dan Pemetaan Topografi

Tidak luput juga bahwa surveyor akan bekerja sama dengan beberapa instansi baik perusahaan teknik lain, lembaga publik, pengembang swasta, dan kontraktor untuk memahami alat dan teknologi apa yang terbaik untuk proyek baru dan menerapkannya seperlunya untuk menghasilkan produk akhir yang akurat dan andal. Semoga Bermanfaat!

 

Sumber:

Amerisurv.com

Foto Udara, Metode Fotogrametris, Pemetaan Udara, Penginderaan Jauh, SONAR, UAV LIDAR

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!