Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Definisi Apa itu & Peran Penting dari Undulasi Geoid!

04 Agustus 2023 - Kategori Blog

Halo sobat survey, kembali lagi dengan artikel indosurta. Dalam dunia geodesi, kamu akan mendengar istilah “undulasi geoid“. Konsep ini berkaitan denganpemahaman tentang permukaan bumi yang tidak beraturan dan dampaknya terhadap survei, navigasi, dan survey geodesi. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang apa arti undulasi geoid dan kenapa undulasi memiliki peran penting dalam survey geodesi?

Spektrum Pemosisian Satelit untuk Teknologi GNSS atau GPS Geodetik - Definisi Apa itu & Peran Penting dari Undulasi Geoid - Artikel Surveyor Geodesi Indosurta Group

Sumber: Hasanuddin, 2014

LIHAT JUGA : Fungsi Penting Alat Survey Total Station di bidang Pertanian Modern

Apa itu Geoid?

Untuk memahami undulasi geoid, pertama-tama kamu harus memahami pengertian geoid terlebih dahulu. Geoid adalah representasi abstrak medan gravitasi bumi yang berfungsi sebagai permukaan referensi untuk menentukan ketinggian di atas permukaan laut rata-rata (MSL).

Tidak seperti ellipsoid yang sempurna, geoid tidak memiliki bentuk matematis yang halus, disebabkan adanya gaya gravitasi yang bervariasi di seluruh permukaan bumi karena ketidakteraturan dalam distribusi massa.

Ketidakteraturan permukaan Bumi seperti Rendah dan Tinggi Suatu Dataran - Definisi Apa itu & Peran Penting dari Undulasi Geoid - Artikel Surveyor Geodesi Indosurta Group

Sumber : Ince, E Sinem, 2019

Apa itu Undulasi Geoid?

Undulasi geoid mengacu pada variasi referensi ketinggian antara geoid dan ellipsoid di lokasi tertentu di permukaan bumi. Secara sederhana, undulasi digunakan untuk mengukur ketinggian suatu titik di geoid berada di atas atau di bawah ellipsoid. Nilai ini biasanya dinyatakan dalam satuan meter.

 

Peran penting undulasi geoid dalam survey geodesi

1. Penentuan Ketinggian

Pengukuran ketinggian yang akurat sangat penting untuk berbagai aplikasi, seperti membangun infrastruktur, pemodelan banjir, hingga memahami dampak kenaikan permukaan air laut. Undulasi geoid membantu ahli geodesi mengubah ketinggian ellipsoid menjadi ketinggian ortometrik di atas permukaan laut rata-rata, dan memastikan hasil data ketinggian yang presisi.

Penentu Ketinggian - Definisi Apa itu & Peran Penting dari Undulasi Geoid - Artikel Surveyor Geodesi Indosurta Group

Sumber : Subarya, 2019

2. Global Positioning System (GPS)

Undulasi geoid memiliki peran penting dalam aplikasi GPS. Receiver GPS memberikan ketinggian ellipsoid, kemudian kamu bisa menghitung undulasi geoid untuk mendapatkan ketinggian yang akurat di atas permukaan laut. Hal ini tentunya dapat meningkatkan akurasi navigasi dan penentuan posisi.

 

3. Anomali Gravitasi

Undulasi geoid berkaitan erat dengan variasi medan gravitasi bumi. Dengan memahami anomali ini dapat membantu kita mempelajari distribusi massa di bawah permukaan bumi, dan dapat digunakan pada penelitian geofisika dan eksplorasi sumber daya alam.

 

Cara mengukur Undulasi Geoid

Untuk mengukur undulasi geoid, ahli geodesi menggunakan teknik gravimetri berbasis satelit, yang memanfaatkan data dari medan gravitasi seperti GRACE (Gravity Recovery and Climate Experiment) dan GRACE-FO (Gravity Recovery and Climate Experiment Follow-On) untuk membuat model geoid global dengan akurasi dan resolusi tinggi.

Selain itu, metode terestrial seperti perataan presisi, GNSS-leveling, dan pengukuran gravitasi juga digunakan untuk membantu menyempurnakan model geoid pada skala lokal.

LIHAT JUGA : Fungsi Penting Alat Survey Total Station di bidang Pertanian Modern

 

Nah itu dia yang dimaksud dengan undulasi geoid sobat survey. Secara garis besar undulasi geoid adalah konsep dasar dalam geodesi yang menggambarkan variasi ketinggian antara geoid dan ellipsoid referensi.

Bagaimana sobat survey? Apakah kamu sudah paham tentang undulasi geoid ini? Semoga dengan membaca artikel ini kamu jadi lebih paham lagi ya, jangan lupa baca artikel Indosurta lainnya juga ya sobat survey, semoga bermanfaat!

 

Sumber :

  • Ince, E Sinem., Reibland, Sven. 2019. 15 years of successful collection and distribution of global gravitational models, associated services, and future plans. Earth Syst. Sci. Data, 11, 647–674, 2019
  • https://prodi4.stpn.ac.id/wp-content/uploads/
  • Padama, Trini Noritha Martha. 2016. Analisa Penentuan Undulasi Geoid Dengan Metode Gravimetri (Studi Kasus : Kota Surabaya). Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya

Anomali Gravitasi, Apa itu Geoid, Ellipsoid Referensi, Model Geoid Global, Penentuan Ketinggian, Spektrum Pemosisian Satelit, Undulasi Geoid

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!