Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Jurusan Kuliah/Sekolah yang bisa Jadi Surveyor Tanah

09 Maret 2022 - Kategori Blog

Halo sobat survey dan calon surveyor, untuk menjadi surveyor yang handal, anda memerlukan pengalaman yang banyak serta wawasan yang luas. Tapi sebelum memluai perjalanan anda sebagai surveyor tanah, anda lebih baik untuk mengikuti jurusan yang ada di sekolah atau kampus.

Karena dengan mengikuti penjurusan, anda akan belajar tentang ilmu tanah dan dasar dasar lain nya yang tentu nya akan mengawali karir anda sebagai surveyor. Jurusan kuliah/sekolah dibawah ini adalah jurusan yang melatar belakangi seorang surveyor tanah.

 

Teknik Geodesi dan Geomatika

Teknik geodesi adalah jurusan kuliah yang membahas tentang bentuk dan ukuran bumi, darat dan laut. Teknik Geodesi mempelajari tentang menggambar rupa bumi atau yang lebih dikenal dengan pemetaan. Sebenarnya teknik geodesi adalah turunan dari matematika terapan yang mengukur luas, mendeskripsikan posisi setiap titik dan bentuk bumi.

Sedangkan geomatika menurut Wikipedia adalah sebuah istilah ilmiah modern yang berarti pendekatan yang terpadu dalam mengukur, menganalisis, dan mengelola deskripsi dan lokasi data-data kebumian, yang sering disebut sebagai data spasial.

Data-data ini berasal dari berbagai sumber, antara lain satelit-satelit yang mengorbit bumi, sensor-sensor laut dan udara, dan peralatan ukur di daratan. Data tersebut diolah dengan teknologi informasi mutakhir menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

Geomatika mempunyai aplikasi dalam semua disiplin yang berhubungan dengan data spasial, misalnya studi lingkungan, perencanaan wilayah dan kota, kerekayasaan, navigasi, geologi & geofisika, dan pengelolaan pertanahan.

Oleh karena itu geomatika sangat fundamental terhadap semua disiplin ilmu kebumian yang menggunakan data spasial, seperti ilmu ukur tanah, penginderaan jauh (foto udara atau dengan gelombang elektromagnetik), kartografi, sistem informasi geografik (SIG), dan global positioning system (GPS).

Istilah geodesi dan istilah geomatika tidak jauh berbeda. Namun disini istilah Geomatika muncul karena menggunakan ilmu pengetahuan berbasis komputer dalam analisisnya. Dalam pengertian istilah, seharusnya perbedaan geodesi dan geomatika hanya pada ruang lingkup keilmuannya saja.

Geomatika merangkul geodesi di dalamnya. Akan tetapi, beberapa kampus PTN di Indonesia beberapa menggunakan istilah Teknik Geodesi.

Meskipun berbeda nama, secara umum bidang yang dipelajari sama (bukan berarti yang namanya Teknik Geomatika lebih modern dari Teknik Geodesi ya). Selama ini yang aku tahu, baru beberapa kampus saja yang membuka jurusan Teknik Geomatika (atau Geodesi).


LIHAT JUGA : Tugas dan Kompetensi Surveyor Tanah Topografi


 

Survei dan Pemetaan

Survei dan Pemetaan adalah jurusan yang mempelajari keterampilan dalam melakukan pencatatan dan pengumpulan data dan informasi mengenai sumber daya (baik alam, sosial, maupun budaya) berbasis kewilayahan yang memadai dengan teknologi penginderaan jauh. Ilmu-ilmu dalam program studi ini biasanya banyak dibutuhkan dalam bidang pembangunan ataupun pertahanan negara.

Pembangunan pada umumnya dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya suatu negara baik alam, sosial, maupun budaya. Survey dan Pemetaan akan mempelajari Ilmu Ukur Tanah, Pemetaan Digital, Fotogrametri, Proyeksi Peta, Penginderaan Jauh, Kartografi, Survei Hidrografi, Survei Rekayasa, Survei Kadastral, Survei Batas Wilayah, dan sebagainya.

 

Salah Satu Jurusan Surveyor Tanah, Pertanahan

Pengkajian terhadap tanah sebagai sumber daya alam. Dalam ilmu ini dipelajari berbagai aspek tentang tanah, seperti pembentukan, klasifikasi, pemetaan, berbagai karakteristik fisik, kimiawi, biologis, kesuburannya, sekaligus mengenai pemanfaatan dan pengelolaannya.

 

Dan itu jurusan kuliah/sekolah yang memiliki prospek karir sebagai surveyor tanah. Setiap jurusan memiliki kelebihan masing masing, jadi cari tahu dulu mana jurusan yang tepat untuk anda sebelum mendaftar. Semoga membantu dan jangan lupa untuk membaca artikel indosurta lain nya ya!

 

Sumber: Esa Unggul | Quipper 

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!