Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Parameter Dasar yang digunakan dalam Transformasi Koordinat

09 Agustus 2023 - Kategori Blog

Halo sobat survey, kembali lagi dengan artikel Indosurta. Kali ini kita akan membahas tentang metode-metode dasar atau Parameter yang digunakan untuk transformasi koordinat. Transformasi koordinat merupakan perpindahan dari suatu sistem koordinat ke sistem koordinat lain.

Dalam hal ini terkait dengan prosesnya terdapat beberapa jenis parameter transformasi yaitu pergeseran (Translasi), penyekalaan (Scaling), perputaran (Rotasi). Dengan memahami metode ini akan memberikan dasar yang kuat untuk kamu dapat memetakan lingkungan dunia nyata secara akurat.

Sistem koordinat Geosentrik Global UTM - Parameter Parameter Dasar yang digunakan dalam Transformasi Koordinat - Artikel Geodesi Pemetaan Survey Indosurta Group

Sumber : Hasanuddin Z Abidin. 1997

LIHAT JUGA : Fungsi & Peran Surveyor Dalam Berbagai Pekerjaan Proyek

Parameter – Parameter Transformasi

1. Pergeseran (Translasi)

Translasi adalah perhitungan yang melibatkan pergeseran objek atau sistem koordinat dalam ruang 3D. Translasi dapat mempertahankan bentuk, ukuran, dan orientasi objek, tetapi mengubah posisinya. Translasi dapat dilakukan dengan menambahkan offset tetap ke setiap koordinat objek.

Misalnya, untuk mentranslasikan titik (x, y, z) dengan (tx, ty, tz), koordinat barunya menjadi (x + tx, y + ty, z + tz). Perhitungan ini digunakan untuk menyelaraskan sistem koordinat.

 

2. Perputaran (Rotasi)

Rotasi adalah parameter transformasi penting lainnya yang berfungsi untuk memutar objek di sekitar sumbu tertentu dalam ruang 3D. Secara umum, rotasi dapat terjadi di sekitar sumbu x, y, dan z, masing-masing menghasilkan gerakan pitch, yaw, dan roll.

Sudut rotasi, diukur dalam derajat atau radian untuk menentukan tingkat rotasi. Untuk melakukan rotasi, berbagai representasi matematis dapat digunakan, seperti sudut Euler atau matriks rotasi.

 

3. Penskalaan (Scaling)

Penskalaan melibatkan perubahan ukuran objek atau sistem koordinat dalam ruang 3D. Itu bisa seragam (skala sama ke segala arah) atau tidak seragam (skala di setiap sumbu berbeda). Penskalaan dicapai dengan mengalikan koordinat objek dengan faktor skala.

Misalnya, jika kita memiliki titik (x, y, z) dan kita ingin menskalakannya dengan faktor (sx, sy, sz), koordinat barunya adalah (x * sx, y * sy, z * sz). Penskalaan memainkan peran penting dalam mengubah ukuran objek dan menjaga proporsi.

LIHAT JUGA : Fungsi & Peran Surveyor Dalam Berbagai Pekerjaan Proyek

Nah itu dia beberapa parameter dasar yang biasa digunakan pada perhitungan transformasi koordinat sobat survey. Setiap metode transformasi koordinat yang digunakan menggunakan parameter yang berbeda juga, tergantung dengan fungsi dan tujuannya.

 

Sumber :

https://repository.its.ac.id/48796/1/3510100045-Undergraduate-Theses.pdf

https://media.neliti.com/media/publications/84632-ID-transformasi-koordinat-pada-peta-lingkun.pdf

Parameter Koordinat, Parameter Transformasi, Penskalaan, Pergeseran Translasi, Perputaran Rotasi

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!