Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Pemilihan Alat Survey Pemetaan berdasarkan Tingkat Akurasi Pekerjaan

17 November 2021 - Kategori Blog

LIHAT JUGA : Pengertian Metode RTK beserta Aplikasi dan Kelebihannya

ReceiverGPS adalah perangkat yang dapat menerima sinyal dari GPS satelit GPS dan memproses sinyal tersebut untuk menghasilkan data koordinat. ReceiverGPS untuk keperluan sipil (non-militer) dibagi menjadi tiga kategori:

  1. Tipe Navigasi
  2. Tipe Pemetaan
  3. Tipe Geodetik

Berikut penjelasan dari ketiga kategori GPS tersebut:

 

1. Tipe Navigasi

Tingkat kesalahan navigasi GPS biasanya di bawah 10 m (rata-rata GPS Jenis ini memiliki kesalahan 3 hingga 6 meter) Gunakan GPS ini dan tujuan lain untuk mendapatkan informasi lebih lanjut Keakuratan, keakuratan dan kepraktisan peta dan petunjuk arah saat bepergian. Bisa Digunakan untuk kendaraan bermotor atau pejalan kaki. Navigasi GPS Itu berkembang pesat dengan penambahan fungsi seperti penambahan data di masa lalu Lalu lintas sehingga dapat mengetahui jalan mana yang diblokir dan mana yang tidak, dan Kemampuan untuk menghubungkan smartphone dan GPS secara nirkabel. Selain itu, pasar mobil tidak akan pernah padam, semakin lama semakin baik Kuat dan berkembang.

Indosurta Group Toko Alat Survey melayani Jual Sewa Rental Service Reparasi garmin 66s

Gambar 1. Garmin GPS Map

Untuk menghitung posisi 2-D Anda (garis lintang dan garis bujur) dan gerakan lintasan, ReceiverGPS harus dikunci pada sinyal minimal 3 satelit. Dengan 4 atau lebih satelit dalam pandangan, Receiverdapat menentukan posisi 3-D Anda (garis lintang, garis bujur dan ketinggian). Umumnya, ReceiverGPS akan melacak 8 atau lebih satelit, tetapi itu tergantung pada waktu dan di mana Anda berada di bumi. GPS tipe navigasi ini juga dapat menghitung informasi lain, seperti:

  • Kecepatan Arah
  • Jalur
  • Jarak Perjalanan
  • Jarak ke tujuan
  • Matahari Terbit & Matahari Terbenam
  • dan lebih lagi

GPS Navigasi memilik fungsi utama ReceiverGPS Sebagai bantuan navigasi dan informasi lokasi umum. Karakteristik Receivernavigasi biasanya dapat memberikan Keakuratan informasi koordinat berkisar antara 3 meter hingga puluhan meter. Selain informasi lokasi, Receivernavigasi biasanya memiliki fungsi lain Seperti peta, navigasi belokan demi belokan, lokasi fasilitas penting, perencanaan rute, Pelacakan, berburu harta karun dan fungsi lainnya. Harga Receivernavigasi Biasanya cukup murah dan tersedia bebas di pasaran. Receivernavigasi Bisa dalam bentuk perangkat genggam khusus atau modul GPS Terhubung ke komputer, laptop, kamera, kendaraan atau smartphone.

 

2. Tipe Pemetaan

GPS Tipe Pemetaan adalah GPS yang fungsi utamanya adalah Sebagai ReceiverGPS untuk keperluan survei dan pemetaan. Karakteristik pemetaan Receiverbiasanya dapat memberikan Keakuratan informasi koordinat berkisar dari cm hingga 3 Meter. Receiverjuga mendukung fungsi koreksi data GPS Disebabkan oleh efek multipath, penyimpangan atmosfer dan visibilitas rendah Koreksi absolut dan diferensial, dan koreksi waktu nyata Koreksi dan koreksi pasca pemrosesan, sehingga kualitas secara keseluruhan Data yang dihasilkan lebih baik dari pada Receiver navigasi.

Karena penggunaan Terutama digunakan untuk survei dan pemetaan, biasanya fungsi navigasi Yang disediakan bukanlah Receivernavigasi, melainkan fungsi peta, Menyalin manajemen data ruang dan sistem informasi geografis. Receiversurvei dan pemetaan umumnya mengadopsi bentuk handset khusus, dan telah Mendukung sistem operasi seluler seperti Windows Mobile dan Android. Receiver tipe Mapping umumnya berbentuk dedicated handheld dan sudah mendukung sistem operasi mobile seperti Windows Mobile dan Android. Beberapa perusahaan pengembang GPS Receiver tipe mapping antara lain Trimble, Spectra, Topcon, Sokkia, Leica, dll.

Trimble TDC150 - Pemilihan Alat Survey Pemetaan berdasarkan Tingkat Akurasi Pekerjaan

Gambar 2. Trimble TDC150

 

3. Tipe Geodetik

GPS Tipe Geodetik adalah alat yang fungsi utamanya adalah Ini digunakan sebagai ReceiverGPS untuk mendapatkan informasi lokasi yang akurat Dan akurasinya mencapai level milimeter. Receiverini juga mendukung Karena efek multipath, penyimpangan atmosfer dan Visibilitas rendah dikoreksi dengan metode absolut dan diferensial, dan Itu juga dapat diperbaiki secara real time dan pasca-proses sehingga Secara umum, kualitas data yang dihasilkan jauh lebih baik daripada ReceiverNavigasi dan pemetaan penerima. Karena itu terutama digunakan Informasi lokasi yang akurat, biasanya fungsi navigasi dan peta Tidak banyak yang disediakan, tetapi ada koreksi data, fungsi perekaman/perekaman data. Receivertipe bumi biasanya berbentuk antena/Receiverkhusus Setelah itu, dapat dihubungkan ke ReceiverPemetaan sebagai pengontrol (atau pengontrol khusus). Banyak perusahaan pengembangan GPS Receiversurvei dan pemetaan termasuk Trimble, Spectra, Topcon, Sokkia, Leica, dll. GPS Receiver tipe geodetic banyak dipakai untuk aplikasi yang memerlukan informasi posisi yang presisi seperti studi deformasi tanah dan batuan, pengukuran kadastral (bidang tanah), studi pergerakan lempeng, pembuatan peta skala besar, dan lain-lain.

Indosurta Group Toko Alat Survey melayani Jual Sewa Rental Service Reparasi emlid reach rs2

Gambar 3. GNSS Emlid

GPS ini memiliki tingkat ketelitian yang tinggi dan tingkat kesalahannya di bawah 1 cm. GPS Geodesi dual frekuensi digunakan untuk mengukur pergerakan tanah dan posisi atau koordinat suatu titik. Cara kerja GPS dual frekuensi yaitu mampu menangkap 2 sinyal frekueansi L1 dan L2 secara bersamaan. Hal ini memungkinkan untuk melakukan proses data GPS untuk memperoleh data posisi dengan akurasi centimeter sampai dengan millimeter.

 

Sumber:
www.garmin.co.id
www.gpslands.co.id
www.emlid.com

 BACA JUGA : Kumpulan Artikel dan Pengetahuan Geodesi dan Pemetaan

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!