Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Pengertian dan Metode Uji Pengujian Beton

29 Desember 2021 - Kategori Blog

Dalam hal konstruksi, semua hal harus di uji dan memiliki standard nya masing masing. Ini semua dilakukan agar pembangunan pun lancar dan memiliki standard keselamatan yang tinggi. Salah satu yang harus di uji adalah beton, dan beton memiliki tingkat kekerasan yang harus dicapai. Kekerasan (Hardness) adalah salah satu sifat mekanik dari suatu material. Kekerasan suatu material harus diketahui khususnya untuk material yang dalam penggunaanya akan mangalami pergesekan (frictional force) dan dinilai dari ukuran sifat mekanis material yang diperoleh dari Deformasi Plastis (deformasi yang diberikan dan setelah dilepaskan, tidak kembali ke bentuk semula akibat indentasi oleh suatu menda sebagai alat uji.

 

Mengapa diperlukan pengujian kekerasan?

Dalam aplikasi manufaktur, material yang diuji memliki 2 pertimbangan

  1. Riset karakterisktik material baru
  2. Cek mutu material berdasarkan spesifikasi kualitas tertentu

Pengujian yang paling sering dipakai adalah dengan menekan penekan tertentu kepada benda uji dengan beban tertentu dan mengukur ukuran bebas penekanan yang terbentuk diatasnya. Cara ini dinamakan cara kekerasan dengan penekanan.

Kekerasan juga diartikan sebagai kemampuan material untuk menahan beban penetrasi.

Di dunia teknik, umumnya ada 4 metode kekerasan dalam uji beton, yaitu:

  1.  Brinnel
  2.  Rockwell
  3.  Vikers
  4.  Micro Hardness

 

Brinnel

Brinnel adalah metoda uji kekerasan diperkenalkan oleh Johan August Brinell pada tahun 1900 an ini merupakan uji kekerasan lekukan yang pertama kali dan sudah banyak digunakan dan di susun standarisasinya. Uji kekerasan ini berupa pembentukan lekukan pada permukaan logam memakai bola baja yang ditekan dengan beban tertentu.

Beban diterapkan selama waktu tertentu, biasanya 30 detik, dan diameter lekukan diukur dengan mikroskop, setelah beban tersebut dihilangkan. Permukaan logam yang akan diuji harus relatif halus, rata dan bersih dari debu atau karat.

 

Rockwell

Rockwell adalah pengujian dengan cara menekan permukaan benda uji dengan suatu indentor. Penekanan indentor tersebut dilakukan dengan menekan beban pendahuluan (beban minor), kemudian ditambah dengan beban utama (beban mayor), kemudian beban mayor dilepaskan sedangkan beban minor masih dipertahankan.

Cara pengujian hardness rockwell test adalah berdasarkan pada penekanan sebuah indentor dengan suatu gaya ke permukaan yang rata dan bersih dari spesimen yang akan diuji. Setelah gaya tekan dikembalikan ke gaya minor, yang dijadikan perhitungan hardness rockwell test adalah dalamnya bekas lekukan yang terjadi itu.

 

Vikers

Metode Vickers sebagai pengujian keras ini dilaksanakan dengan cara menekan material atau spesimen uji dengan indentor intan dengan bentuk piramida dengan alas segi empat dan besar sudut dari permukaan yang berhadapan 136 derajat. Penekanan dengan indentor akan menghasilkan suatu jejak atau lekukan pada permukaan material uji.

 

Micro Hardness

Metode ini merupakan metode yang paling jarang dipakai. Pengujian Kekerasan Mikro adalah metode untuk menentukan kekerasan material atau ketahanan terhadap penetrasi saat sampel uji sangat kecil atau tipis, atau bila daerah kecil dalam sampel komposit atau pelapisan harus diukur. Ini dapat memberikan informasi yang tepat dan terperinci tentang fitur permukaan material yang memiliki struktur mikro halus, bersifat multi fasa, tidak homogen atau rentan terhadap retak.

Uji microhardness dapat mengukur permukaan terhadap kekerasan inti pada bagian karburator atau case-hardened (kedalaman kasus), serta kondisi permukaan seperti grinding burns, carburization or decarburization.

Pemilihan masing-masing skala (metode uji beton) tergantung pada :

  • Permukaan material
  • Jenis dan dimensi material
  • Jenis data yang diinginkan
  • Ketersedian alat uji

Dan itu adalah Pengertian Uji Beton. Semoga dengan anda membaca artikel ini, pengetahuan anda semakin luas dan bisa berkembang ke jenjang berikutnya. Jangan lupa untuk membaca artikel Indosurta yang lain ya!

Lihat Juga: Hammer Test HT 225D dan Hammer Test HT 225A

Sumber: Teknologi Survey- Mengenal Uji Beton

 

Lihat Juga: Brosur Alat Survey Indosurta Group

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!