Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Pengertian dan Tujuan Survey Pemetaan – Calon Surveyor harus tahu!

20 Januari 2023 - Kategori Blog

Halo sobat survey, terima kasih sudah berkunjung di artikel Indosurta. Sebagai calon surveyor tentu saja kalian harus banyak mengetahui ilmu pengetahuan tentang survey pemetaan. Survey pemetaan sering kali digunakan untuk mencari informasi tentang permukaan bumi.

 LIHAT JUGA : Contoh Penggunaan Pemetaan Foto Udara SONAR dan UAV LIDAR

Mungkin sebagian orang belum mengetahui tentang survey pemetaan, oleh karena itu silahkan baca artikel ini hingga selesai ya, supaya kalian jadi paham tentang ilmu pengetahuan ini. Pada kesempatan ini kita akan membahas pengertian dan tujuan dari Survey Pemetaan, penjelasannya sebagai berikut :

Apa itu Survey Pemetaan?

Survey Pemetaan adalah merupakan suatu ilmu yang digunakan untuk mengukur atau menentukan posisi relative di atas permukaan bumi, baik di permukaan tanah, bawah tanah, dan air. Hasil dari survey pemetaan dapat di manfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

Seiring berkembangnya jaman, tentu saja fokus keilmuan ini sangat dibutuhkan karena meningkatnya populasi manusia serta kebutuhan sebidang tanah yang terus meningkat. Dengan di bantu teknologi komputer serta teknologi dari satelit, survey pemetaan jadi semakin mudah untuk menentukan perencaan dan kebijakan dalam mengelola lahan.

 

Tujuan

Berikut penjelasan secara umum tujuan dari survey pemetaan :

  1. Menentukan bentuk permukaan tanah beserta benda benda yang ada di permukaan tanah.
  2. Menentukan ketinggian sesuatu yang berbeda disuatu bidang baik di atas atau di bawah pada permukaan laut rata – rata / MSL (Mean Sea Level).
  3. Menentukan posisi dan bentuk yang berbeda di permukaan bumi.
  4. Menghitung serta menentukan panjang, sudut, dan koordinat suatu posisi yang terdapat pada permukaan bumi.

 

Pengukuran Dalam Survey Pemetaan

Dalam pengukuran terbagi menjadi 3 bagian, berikut penjelasannya :

  1. Pengukuran Kerangka Dasar Vertikal : Dengan melakukan pengukuran kumpulan dari titik yang telah ditentukan posisi vertikalnya.
  2. Pengukuran Kerangka Dasar Horizontal : Proses pengukuran ini berfungsi untuk mengetahui hubungan mendatar dari titik – titik yang telah diukur permukaan bumi.
  3. Pengukuran Titik – Titik Detail : Proses pengukuran ini dengan menentukan titik koordinat serta tinggi titik detail dari titik ikat.

 LIHAT JUGA : Kumpulan Brosur Alat Survey dan Pemetaan Topografi

Demikian artikel ini penjelasan mengenai pengertian dan tujuannya. Semoga dengan artikel ini sobat lapangan jadi tambah ilmu pengetahuannya dan jangan lupa baca artikel Indosurta lainnya ya.

Artikel Survey Tanah, Pengukuran Pemetaan, Pengukuran Survey, Survey Pemetaan

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!