Butuh Penawaran Harga Alat Survey?

Apa sih Peran Geodesi dalam Pengelolaan Lahan dan Properti?

09 Januari 2024 - Kategori Blog

Halo sobat survey, kembali lagi dengan artikel Indosurta. Geodesi merupakan ilmu yang mengukur dan memahami bentuk, orientasi, dan medan gravitasi bumi, yang memainkan peran yang sangat diperlukan dalam pengelolaan tanah,  lahan dan properti secara efektif. Nah dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang apa aja sih peran geodesi dalam pengelolaan lahan dan property?

LIHAT JUGA : Apa itu Kebijakan Satu Peta dan Bagaimana Sejarahnya?

  1. Melakukan survey tanah secara tepat

Geodesi memiliki peran penting dalam pembentukan dasar survei tanah terlebih lagi untuk lahan dan properti. Pengukuran permukaan bumi yang tepat ini menggunakan Sistem Satelit Navigasi Global (GNSS). Dengan menggunakan teknologi GNSS ini dapat memungkinkan surveyor menentukan batas properti secara akurat, membuat peta tanah, dan membuat catatan properti.

Keakuratan dalam survey ini meminimalkan sengketa pertanahan, menjamin legalitas serta meningkatkan integritas transaksi properti.

BELI JUGA : GPS Geodetik/GNSS Hi-Target V500 RTK

 

  1. Melakukan Penilaian Properti

Pengukuran tanah yang akurat memiliki peran penting dalam menentukan nilai lahan dan properti. Penilai properti menggunakan data geodesi untuk menilai faktor-faktor seperti luas lahan, topografi, dan lokasi, yang mempengaruhi harga properti. Geodesi juga memiliki peran dalam penilaian properti untuk perpajakan yang adil dan investasi real estate.

 

  1. Pembangunan Infrastruktur

Pengelolaan lahan dan properti yang efisien sangat penting untuk pembangunan infrastruktur. Data-data pengukuran geodesi berperan penting dalam perencanaan jaringan transportasi, instalasi utilitas, dan perluasan perkotaan.

Dengan memahami permukaan bumi dan medan gravitasi ini, para surveyor mampu mengoptimalkan penempatan jalan, jembatan, jaringan pipa, dan elemen infrastruktur penting lainnya.

 

  1. Pengelolaan Sumber Daya Alam

Lahan tidak hanya untuk pembangunan perkotaan tetapi juga merupakan sumber sumber daya alam. Geodesi membantu perencanaan penggunaan lahan, membantu pihak berwenang mengelola hutan, sumber daya air, lahan pertanian, dan kawasan lindung.

Dengan mengukur dan memantau area ini secara tepat, geodesi membantu pengelolaan sumber daya berkelanjutan dan konservasi lingkungan.

 

  1. Mitigasi Bencana

Geodesi berkontribusi signifikan terhadap pengurangan risiko bencana. Dalam mitigasi bencana kita bisa melakukan pemantauan pergerakan tanah, penurunan tanah, dan garis patahan yang nantinya dapat digunakan untuk mengidentifikasi daerah rawan bencana alam seperti gempa bumi dan tanah longsor.

  1. Adaptasi Perubahan Iklim

Perubahan iklim memiliki dampak pada permukaan laut dan penurunan permukaan tanah. Nah karena itu, surveyor memiliki peran untuk melakukan perhitungan perubahan ketinggian lahan yang nantinya dapat digunakan untuk strategi adaptasi yang lebih baik bagi masyarakat pesisir dan meminimalkan risiko yang terkait dengan kenaikan permukaan laut.

 

LIHAT JUGA : Apa itu Kebijakan Satu Peta dan Bagaimana Sejarahnya?

Nah itu dia peran penting GNSS dalam pengelolaan lahan dan property. So, seperti yang kita tahu bahwa pekerjaan geodesi memiliki dampak dan pengaruh dalam berbagai aspek ya sobat survey. Pembahasan kali ini cukup sampai disini dulu ya sobat survey, jangan lupa baca artikel lainnya ya. Dan jika kamu butuh alat survey seperti GNSS bisa hubungi kami di 081328068282 ya gaes.

 

Sumber :

https://www.researchgate.net/publication/291614990_Land_management_and_comprehension_of_the_role_of_geodesy

Li, Jonathan., Zlatanova, Sisi. 2007. Geomatics Solution for Disaster Management. Springer Berlin. Heidelberg.

Lahan & Properti, Mitigasi Bencana, pembangunan infrastruktur, Pengelolaan SDA, Penilaian Properti, Perubahan Iklim, Survey Tanah Cepat

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP
error: Maaf ga bisa di klik kanan!!!